SULAWESI SELATAN

Behnam Halem Tidak Bisa Memilih, Alat Perekam E-KTP Belum Ada


TAKALAR, Upeks.co.id– Alat perekaman KTP elektronik (e-KTP) khusus WNA belum tersedia di Takalar. Akibatnya; seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Republik Islam Iran, Behnam Halem. Yang ingin melakukan perekaman E-KTP. Belum bisa diakomodir Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Takalar. Senin (11/3/19).

Kepala Bidang (Kabid) Pendataan Disdukcapil. Ayatullah Rawatib Daeng Romo. Mengatakan, Behnam Halem telah mengurus E-KTP di kantornya namun belum dilakukan pencetakan.

“Dia ikut dengan istri, sebab dirinya kawin dengan orang Takalar, Behnam juga telah memenuhi persyaratan untuk di input dalam data warga negara asing,” kata Ayatullah

Kata Atatullah Behnam Halem sudah memiliki kartu ijin menetap dari Kantor Imigrasi, dan memenuhi syarat untuk dibuatkan biodata karena dalam Kartu Keluarga bersama istrinya. Sejumlah dokumen persyaratan lainnya juga telah dilengkapi Behnam.

“Secara adminstrasi telah memenuhi persyaratan, dan kemudian itu nanti kita buatkan E-KTP, dengan status warga negara asal (Islam Iran, ),” pungkas Romo sapaan Ayatullah.

“Belum kita instal untuk perekaman orang asing, tapi kalau Kartu Keluarga (KK) atau biodatanya itu sudah ada dan lengkap , KK serta surat dokumen lainnya,” tandasnya.

Proses dan tampilan penerbitan E-KTP untuk WNA dan Warga Negara Indonesia tetap sama. Namun yang membedakan dalam kartu tersebut hanya penggunaan bahasa.

Komisioner KPU Takalar Alimuddin mengatakan, sejauh ini belum mendapati adanya warga negara asing bernama Benhan Halem yang masuk dalam DPT.

“Kita sudah cek di portal KPU, dan WNA bernama Behnam Halem tidak masuk dalam daftar pemilih pada pemilu 2019 ini, hanya istrinya yang masuk dalam daftar,” ungkap Ayatullah saat ditemui di ruang komisioner KPU Takalar Kemarin.(Jahar).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top