ANEKA

Wabup Selayar Apresiasi Pencanangan Bulan Kepatuhan Ketenagakerjaan 2019

SELAYAR,UPEKS.co.id—Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., memimpin upacara bendera dirangkaikan Pencanangan Bulan Kepatuhan Ketenagakerjaan 2019 yang diselenggarakan Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu, dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) di Kantor  Bupati, Senin (11/3/2019).

Wabup mengatakan, era reformasi pembangunan saat ini memiliki supremasi hukum ditempatkan sebagai salah satu diantara tiga pilar reformasi selain  demokratisasi dan keadilan.

Tujuan supremasi hukum, menempatkan kebebasan individu sebagai prinsip dasar dari organisasi sosial, menjamin keadilan sosial dan perlindungan terhadap
harkat martabat manusia, ketertiban, ketenteraman, dan kepastian hukum.

Selain itu menjamin terjaga dan terpeliharanya nilai-nilai moral bangsa Indonesia, melindungi kepentingan warga negara;menciptakan masyarakat yang  demokratis serta menjamin terlindunginya hak-hak individu dalam bernegara dan bermasyarakat, kata wabup.

Konsentrasi hukum demikian luasnya dan juga mengatur sektor ketenagakerjaan yang dalam implementasinya dibutuhkan kesadaran moral dari tenaga kerja itu  sendiri. Kemudian untuk menjamin kepatuhan hukum tenaga kerja, sebagaimana tercantum dalam undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang  Ketenagakerjaan Pasal 176 dilakukan oleh pegawai pengawas ketenagakerjaan yang mempunyai kompetensi dan independen.

Untuk menjamin pelaksanaan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan, harus bersinergi dengan Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu,  dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) dalam melakukan pengawasan ketenagakerjaan di Selayar.

”Jika terkait perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, maka harus bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sinergitas menyeluruh ini diperlukan sehingga  masyarakat pekerja peraturan perundangan yang berlaku,” tambahnya.

Melalui Bulan Kepatuhan Ketenagakerjaan, lanjut wabup diharapkan pemberi kerja dan tenaga kerja dapat mematuhi seluruh regulasi yang berlaku dengan  harapan dapat meningkatkan kesejahteraan bersama.

Pemberi kerja dapat lebih fokus dalam memajukan usaha dan memperluas kesempatan kerja tenaga kerja mendapat kepastian hakim termasuk kepastian  mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang berdampak terhadap peningkatan produktivitas,”  Zainuddin.

Rangkaian kegiatan, penandatanganan MoU antara Dinkes Selayar dengan BPJS Ketenagakerjaan tentang pelaksanaan pelayanan kesehatan program jaminan  kecelakaan kerja bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan dari Dirum BPJS Ketenagakerjaan kepada pemkab Selayar  atas peran aktif dan kepeduliannya terhadap perlindungan pegawai pemerintah bukan Aparatur Sipil Negara (non ASN).

Di akhir kegiatan, berlangsung penyerahan secara simbolis klaim jaminan kematian dan jaminan pensiun kepada ahli waris atas nama Ramli dari Perusahaan PT. Prima Karya  Sarana Sejahtera (PT. PKSS) – (karyawan outsourcing Bank BRI Cabang Selayar). (sya).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top