1.000 Personel Simulasi Sispamkota Pemilu 2019

  • Whatsapp

1.000 Personel Simulasi Sispamkota Pemilu 2019

GOWA, UPEKS.co.id —Dalam rangka menghadapi pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang jatuh pada 17 April mendatang, personil gabungan berjumlah 1.000
orang terdiri dari Polri, TNI dan Pemkab Gowa melaksanakan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Bacaan Lainnya

Simulasi tersebut dipusatkan di Jl Andi Mallombasang depan kantor KPU Gowa, Jumat (22/3/2019) dan dihadiri Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin dan seluruh  jajaran perwira utama Polda Sulsel dan Polres Gowa.

Turut hadir Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama dan jajaran Forkopimda Sulsel dan Gowa, Komisioner KPU Gowa serta Komisioner Bawaslu Gowa  dan para camat se Kabupaten Gowa.

Pembuka simulasi Sispamkota ini diwarnai berbagai atraksi dari personil diantaranya parade kendaraan gabungan Kepolisian TNI dan Pemkab Gowa serta free  style motor dari Tim Anti Bandit dan senam tubelo dari Bhayangkari Gowa serta suguhan seni dari murid-murid TK Kemala Bhayangkari Gowa.

Dalam simulasi Sispamkota ini Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin menegaskan bahwa Pemilu ini jarus aman dan damai. Seluruh komponen baik pemerintah  maupun lembaga terkait termasuk TNI Polri harus bekerjasama agar pesta besar demokrasi kali ini daerah tetap kondusif.

“Coba bayangkan jika besok saat pencoblosan terlaksana ada riak di tengah masyarakat contoh kecilnya adalah ada warga datang ke TPS dalam kondisi mabuk  dan bikin onar. Kira-kira apa yang akan terjadi. Itulah sebabnya kita harus ciptakan kekondusifan dalam proses Pemilu ini dengan kesiapan segala sektor. Salah  satunya kesiapan sistem pengamanan ini,” ucap Hamidin.

Menurut Kapolda simulasi Sispamkota ini adalah bagian kecil dari gambaran kondisi dan suasana demokrasi yang keruh. Karenanya Kapolda Sulsel pun  meminta kesiapan fisik dan mental personil harus betul-betul prima dan sistimatis agar tercapai suasana tenang dan damai.

“Saya berterima kasih dengan kesiapan para aparat dalam penanganan Pemilu 17 April nanti,” kata kapolda.

Sebelum simulasi, apel besar petugas Sispamkota digelar dan dipimpin langsung Kapolda Sulsel dan Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga sebagai komandan  apel. Sebelum apel gelar pasukan turut dilaksanakan, menampilkan Dandim 1409 Gowa Letkol Arh Nur Subekhi sebagai Irup didampingi Kapolres  Gowa AKBP Shinto Silitonga ditandai pemeriksaan pasukan dan penyampaian sambutan seragam Menkopolhukam Wiranto.

Terkait simulasi Sispamkota ini, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan sangat mengapresiasi kesiapan dan kesiagaan aparat pengamanan dalam  Pemilu 2019 ini.

Adnan pun berharap pelaksanaan Pemilu nanti dimana rakyat Indonesia terkhusus masyarakat Gowa mampu menjaga kebersamaan dalam perbedaan pilihan.

“Mari kita sukseskan Pemilu yang hanya sekali dalam lima tahun ini. Pemilu yang tertib akan melahirkan pemimpin bermartabat. Maka mari ciptakan aman,  damai dan sejuk,” kata Bupati Gowa. (sofyan) .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *