ANEKA

Bupati Hadiri Pencanangan Pembangunan Zona Integritas PN Selayar

SELAYAR,UPEKS.co.id—Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali, hadiri Pencanangan Pembangunan Zona  Integritas Pengadilan Negeri (PN) Selayar Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi
Bersih dan Melayani (WBBM), di Kantor PN engadilan Selayar, Selasa (5/3/2019).

Bupati saat sambutan mengatakan, keberhasilan pembangunan zona integritas sangat ditentukan kapasitas dan  kualitas integritas masing-masing individu yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas  integritas dari organisasi dimana individu tersebut berada dan melakukan kegiatannya.

Zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya  mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan  Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas  pelayanan publik.

Dikatakannya, pemberantasan korupsi harus dimulai dari diri sendiri, dimulai dari yang termudah. Kegiatan ini  harus dipublikasikan secara luas agar bisa dipantau, dikawal, dan diawasi secara luas oleh masyarakat sehingga  diharapkan PN Selayar dapat juga berperan dalam pelaksanaan pencegahan korupsi.

Dalam peningkatan tata kelola pemerintahan, Kabupaten Kepulauan Selayar melakukan berbagai langkah reformasi birokrasi dengan capaian kinerja dan prestasi, laporan keuangan pemda Selayar berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian oleh BPK atas audit laporan keuangan yang telah diraih 2017 dan 2018.

Selain itu akuntabilitas kinerja. Dari hasil evaluasi akuntabilitas kinerja yang dilaksanakan oleh Kementerian PAN  dan RB untuk 2017 Selayar mendapat nilai 55,00 dengan predikat penilaian CC. Penilaian Tahun 2017 lebih meningkat dibandingkan Tahun 2016 yang nilainya 50,48.

Terkait inovasi pelayanan publik. Salah satu inovasi yang telah dikembangkan pemkab Selayar, seluruh pelayanan perizinan telah dipusatkan menjadi satu pintu pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Kepala PN Selayar, Royke Harold Inkiriwang, S.H., menyampaikan tahapan pembangunan zona integritas yang diawali Pencanangan Pembangunan Zona Integritas. Tahapan selanjutnya, proses pembangunan zona integritas yang meliputi enam area.

Diantaranya, manajemen perubahan; penataan tatalaksana; penataan manajemen SDM; penguatan akuntabilitas/kinerja; penguatan pengawasan; dan peningkatan kualitas pelayanan publik. (citizen report/im).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top