EDUKASI BUDAYA

Tingkatkan Publikasi Ilmiah, FIS UNM Gandeng RJI

 

MAKASSAR, Upeks.co.id — Dalam rangka meningkatkan publikasi ilmiah, pengurus Relawan Jurnal Indonesia (RJI) mengadakan kegiatan Road show RJI Sulsel goes to Campus bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu tgl 2-3 Maret 2019 bertempat di Ruang Senat lantai 2 FIS UNM Makassar. Adapun materi dalam kegiatan ini adalah fokus pada Tata Kelola Jurnal Online, manajemen dan tata cara menulis artikel pada jurnal bereputasi. Roadshow yang digelar tahun ini membuka tiga tingkatan kelas yakni Beginner, Intermediate dan Advance.

Dekan FIS UNM Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Hum pada saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan ini sangat penting dan kita apresiasi RJI hendak menjadikan FIS UNM sebagai host pertama tahun 2019 ini.

 

Kata Dekan yang juga Sekjen HISPISI Pusat, “Ini merupakan kegiatan yang tidak bisa kita tunda dan sebagai respon positif kita menghadapi era industri 4.0 dan secara institusi sangat menyambut baik, karena ending dari segala penelitian dan pengabdian adalah publikasi, baik pada jurnal nasional terakreditasi maupun pada Jurnal Internasional bereputasi”.

Dr. Ramlan Mahmud.M.Pd, selaku korda RJI Sulawesi Selatan mengatakan bahwa RJI sulsel siap bekerja sama pada setiap perguruan tinggi maupun lembaga profesi ilmiah untuk memajukan jurnal yang ada diseluruh Indonesia, terkhusus di sulawesi selatan. Kemudian Ramlan menjelaskan, mengenai RJI Sulsel sendiri merupakan perkumpulan para pengelola jurnal yang mendedikasikan dirinya untuk membantu para pengelola jurnal lainnya. Adapun visi RJI adalah membantu mewujudkan pengelolaan jurnal ilmiah secara elektronik yang berkualitas dan bereputasi.

Sedangkan menurut ketua panitia Amirullah. S.Pd., M.Pd, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman serta pelatihan secara langsung kepada peserta tentang mengelola jurnal online berbasis OJS dengan baik.

“Dalam mengelola jurnal secara online beberapa prinsip utama yang diutamakan yaitu melakukan proses manajemen distribusi artikel dengan baik dan benar, mulai dari proses submit hingga proses publikasi. Itu mengacu target fokus kepada tata kelola jurnal menuju akreditasi nasional dan bereputasi internasional,” tukasnya.

Kegiatan ini dihadiri 50 peserta pengelola jurnal yang berasal dari 25 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

Pada kesempatan workshop ini, dirangkaikan juga penandatanganan MoU antara FIS UNM dengan RJI Sulsel.

Pemateri pada kegiatan ini adalah tutor RJI Sulsel dan pengurus RJI Pusat.
(rls)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top