ANEKA

Diduga, PT Oto Finance Sepihak Manarik Kendaraan Debitur

MAKASSAR, UPEKS.co.id —Puluhan masyarakat yang mengatasnamakan diri dari Makassar 147, melakukan
aksi unjukrasa di depan Kantor Oto Finance, di Jl Pelita Raya, Senin (4/3/19).

Mereka melakukan aksi demontrasi di kantor pembiayaan tersebut, karena dinilai telah melakukan penarikan
kendaraan debitur sewenang-wenang ataupun sepihak tanpa didasari hukum.

Menanggapi hal itu, Direktur PT Benteng Biro Investigasi Nunusaku, William mengatakan, terkait tudingan Makassar 147 itu semua tidak mendasar. Pihaknya mengaku sudah somasi dibetur.

“Sebelumnya juga pernah didatangi secara kekeluargaan dan sudah membuat kesepakatan bersama 28 Februari  lalu. Dimana dalam kesepakatannya, jika tidak dilunasi akan diserahkan kendaraanya dan itu dibuat oleh debitur  sendiri yakni Rusman, ” kata William.

Menurut William, dimana yang menjadi dasar Makassar 147 bahwa penarikan kendaraan itu tidak sesuai dengan  Peraturan Menteri Keuangan No 130/PMK/010/2012, protesnya itu salah.

“Itu tentang pendaftaran fidusia terhadap objek di bidang itu yang lahirnya daftar fidusia tadi. Kendaraan debitur  pun sudah menunggak dua bulan dan jalan tiga bulan saat ini, ” ucapnya.

William menerangkan, dimana tuntutan Makassar 147 adalah menginginkan kendaraan itu harus diserahkan dan  dibayar satu bulan tanpa ada biaya-biaya yang timbul. Perlu dijelaskan kenapa ada biaya Rp 4 juta, supaya  masyarakat mengerti.

Dalam akta perjanjian utang debitur dengan pihak Oto Finance ini, pada pasal 12 berbunyi, segala biaya yang  timbul akibat terjadinya cidera janji atau uang prestasi merupakan tanggungjawab debitur.

Disitupun lanjut William, tidak ditentutkan nilainya. Bisa Rp 4 juta ataupun lebih. Sehingga dalam hal ini, sebagai mitra atau relasi dari Oto Finance tidak membebankan ke debitur.

“Makanya diberikan ruang mediasi, sebelum menerima kendaraan itu, ” terang William Direktur PT Benteng Biro Investigasi Nunusaku didampingi Legalnya Saldin Hidayat.(Jay)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top