ANEKA

Desa Kambuno Kecamatan Bulukumpa Raih Juara I Lomba Desa Tingkat Provinsi

Bulukumba, Upeks.co.id— Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa, berhasil meraih juara I Lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepastian juara I Lomba Desa ini diketahui setelah adanya Surat Kawar Gubernur Provinsi Sulsel kepada Bupati/Walikota Nomor 555.3/6034/DPMD tanggal 14 September 2018 perihal Penyampaian Juara Perlombaan Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi.

Dalam surat kawat tersebut, Desa Kambuno mengalahkan Desa Lamattiriaja, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai sebagai juara II dan Desa Timusu Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, sebagai juara III.

Sedangkan juara I Lomba Kelurahan diraih Kelurahan Sambung Jawa, Kecamatan Mamajang Kota Makassar, juara II diraih Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare dan juara III disabet Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengatakan, ini adalah sebuah capaian yang sangat membanggakan. Ia mengaku dari hasil pengamatannya saat mendampingi tim dari provinsi yang datang menilai pada bulan yang lalu, Desa Kambuno memang layak mendapatkan predikat sebagai desa terbaik di Provinsi Sulsel.

Hal ini mengindikasikan bahwa semangat desa membangun sarana infastruktur sudah betul-betul diimplementasikan dengan tata kelola desa yang semakin baik. Yakni, dengan di bangunya tempat Wisata Wae Hongkong yang menghabiskan Anggaran Dana Desa (ADD) kurang lebih Rp300 juta yang kini ramai di kunjungi warga desa Kambuno dan wisata dari luar daerah sehingga menjadikan tempat Pariwisata favorit yang di kelola BUMDes Desa Kambuno.

Sementara Kepala Desa Kambuno  Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Syahrullah Syam mengatakan, bahwa ini semua berkat kerjasama warga masyarakat  Kambuno sehingga dapat Keluar sebagai juara 1 lomba Desa di tingkat Provinsi.

“Desa Kambuno memang patut menjadi contoh dari Desa yang lain dengan adanya pembangunan tempat Wisata Wae Hongkong yang dibangun dari Dana Desa dan belum lagi didukung dengan sarana pembangunan infrastruktur jalan sehingga masyarakat merasa nyaman dengan terpenuhinya sarana prasana Desa,” ungkap Syahrullah yang mempunyai ide Cemerlang sehingga membawa Desa Kambuno menjadi juara 1 lomba Desa tingkat provinsi baru-baru ini.

Syahrullah ini mengaku, prestasi yang diraih Desa Kambuno tersebut berkat kerja sama warga. Karena tanpa ada campur tangan warga, Desa Kambuno bukanlah apa-apa. “Selamat kepada pemerintah dan masyarakat Desa Kambuno atas pencapaian ini,” ujarnya.

Atas capaian itu, Desa Kambuno akan mewakili Provinsi Sulsel pada ajang Lomba Desa tingkat Nasional.(hasan)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top