ANEKA

Pria Asal Sidrap Tipu Warga Gunakan Akun FB Polwan Cantik

MAKASSAR, UPEKS.co.id— Petugas Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel, ringkus  pelaku tindak pidana manipulasi atau penggunaaan akun facebook (FB) orang lain untuk melakukan penipuan.

Pelakunya Abdul Malik. Pria itu berhasil diamankan aparat kepolisian setelah Subdit V Cyber Crime Polda Sulsel  melakukan patroli online dan menemukan akun facebook bernama Dhy Ayuputri dengan profil foto polwan  berpakaian dinas.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani mengatakan, petugas Cyber Crime tiap hari melakukan petroli  di media sosial. Alhasil, petugas menemukan pelaku yang menggunakan identitas orang lain.

“Pelaku menggunakan identitas bernama Bripda Sandhy Ayu Putri, bertugas di Lemdik Sepolwan Ciputat, Jakarta, ” kata Dicky Sondani saat merilis pengungkapan tersebut di Mapolda Sulsel, Jumat (15/2/19).

Setelah mendapat identitas polwan itu, petugas kemudian menghubungi anggota Polri tersebut untuk menanyakan  kebenarannya. Namun, polwan tersebut tidak mengaku jika akun facebook itu miliknya. Setelah ditelusuri ternyata  foto polwan itu hanya digunakan pelaku.

Hosting Unlimited Indonesia

“Anggota Polwan itu membenarkan kalau foto berpakaian dinas itu adalah dirinya. Pelaku hanya menggunakan  untuk memposting iklan penjualan kendaraan roda dua dan empat, ” jelas Dicky.

Anggota lanjut Dicky, kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku di ramahnya di  Tanrutedong, Kabupaten Sidrap, pada 29 Januari lalu. Kemudian dilakukan pemeriksaan di Handpone milik  pelaku.

“Saat diperiksa di Handpone milik pelaku, ditemukan tujuh akun Facebook. Yakni Dhy Ayuputri dan dua bernama  Ayu Puput. Sasa Ayuputri, Dwi Ayuputri, Octavhia (Shandy ayuputri) dwn Vhia (Sandhy Ayuputri), ” lanjutnya.

Menurut keterangan pelaku terang Dicky, hal itu sudah dilakukan tujuh bulan terakhir. Pelaku mengaku belajar dari  rekan-rekannya. Kenapa menggunakan foto Polwan, karena lebih menarik dan lebih gampang melakukan  penipuan.

“Sudah ada dua korban yang diperdaya dengan membeli sepeda motor kepada pelaku seharga Rp 16.000.000.  Satu unit motor seharga Rp 8.000.000, ” terang Dicky.(: penulis : Jay)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top