ANEKA

DPM-PTSP Gowa Mudahkan Masyarakat Urus Izin Usaha

GOWA, UPEKS.co.id—Sistem Pelayanan perizinan terintegrasi satu pintu elektronik atau yang sering disebut  Online Single Submission (OSS), kini juga telah diterapkan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Gowa.

Kadis DPM-PTSP gowa, Indra Setiawan Abbas mengatakan, bahwa penerapan layanan OSS tersebut dimulai  sejak September 2018 lalu, dan Gowa merupakan salah Kabupaten/Kota yang sistem layanan tersebut di Sulawesi  Selatan.

“Di Sulawesi Selatan kita termasuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kabupaten / Kota  yang menerapkan sistem layanan ini,” kata Indra Setiawan Abbas belum lama ini.

Indra Setiawan Abbas menjelaskan bahwa kehadiran sistem perizinan terintegrasi satu pintu elektronik tersebut  akan lebih mempermudah dan mempercepat masyarakat untuk membuat izin usaha. “Ini sistem bagus sekali,  karena mempercepat proses izin dan ini bisa selesai empat sampai lima hari saja,” ujar Indra.

Hosting Unlimited Indonesia

Dijelaskannya lagi, untuk membuat izin tidak harus lagi mendatangi kantor DPM-PTSP. Kehadiran sistem perizinan  terintegrasi satu pintu elektronik tersebut, untuk membuat izin usaha bisa dilakukan dimana saja dan tinggal mengimput data yang dibutuhkan.

“Pelayanan izin usaha itu semuanya sistem online. Semua yang menyatu di situ ada dari direktorat pajak, BPJS  dan seluruh kementerian yang terkait itu masuk dalam satu sistem. Nah, di situ masyarakat dimana saja dalam  wilayah republik indonesia bisa melakukan perijinan, mereka tinggal mengimput semua data,” lanjutnya.

Selain itu, Indra juga menyebutkan keunggulan lain yang dimiliki sistem layanan OSS ini adalah tidak perlunya lagi  mengisi biodata secara satu persatu. Tinggal memasukkan nomor akte pendirian usaha dari notaris, maka  secara otomatis data perusahaan akan muncul dengan sendirinya.

“Semua kelengkapan yang lain seperti komitmen tinggal diupload dalam sistem ini dan sekarang tidak perlu lagi  kita mengisi biaodata seperti nama. Kita tinggal mengisi nomor akta pendirian usaha dari notaris, itu semua  langsung muncul siapa nama direkturnya, siapa nama komisarisnya. Jadi kita tidak perlu lagi mengimput seperti dulu,” jelasnya.

Dengan adanya sistem tersebut data pemilik perusahaan juga akan lebih valid. “Dengan sendirinya data yang keluar melalui sistim OSS itu merupakan data perusahaan yang valid,” jelasnya. (sofyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top