ANEKA

Dinas Kearsipan Akan Bangun Depot Enam Lantai

MAKASSAR, UPEKS — Depot atau penyimpanan arsip lingkup Pemerintah Kota Makassar harus menjadi perhatian khususnya untuk dilakukan pembangunan.

Hal ini melihat tingginya jumlah arsip pada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang sudah bisa  tercover sehingga butuh tempat penyimpanan arsip atau depot.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kearsipan Kota Makassar Sukri Hasanuddin menilai setiap kegiatan SKPD  selalu menghasilkan arsip dan hal itu merupakan suatu bukti ataupun memori SKPD yang bersangkutan.

Olehnya itu, kata Sukri, arsip perlu ditata sesuai prosedur kearsipan yang baik agar arsip tetap terjaga keutuhan fisik maupun informasinya. Pasalnya arsip akan menjadi bukti autentik apabila kemudian hari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sehingga menurutnya, kebutuhan atas ruang itulah Dinas Kearsipan Kota Makassar berencana akan membangun depot arsip dikantor Balaikota, Jalan Ahmad Yani Makassar.

“Jadi pada saat saya dilantik hal yang pertama saya lakukan adalah menkomunikasikan dengan pak wali bahwa yang dibutuhkan saat ini adalah depot penyimpanan arsip statis SKPD, olehnya itu rencananya kita akan membangun depot di kantor balaikota makassar (eks mushollah),” kata Sukri, kemarin.

Hosting Unlimited Indonesia

Pembangunan depot arsip dikatakannya sudah mulai berjalan, dimana pihak Dinas Pekerjaan Umum (DPU) telah melakukan langkah awal dengan mengukur lokasi rencana pembangunan

“Tadi sudah pengukuran oleh dinas PU dan rencananya akan dibangun 6 lantai. Pak wali minta sih supaya dibikin yang smart lebih canggih lah supaya bagus. Yah mirip mirip pelayanan bintang lima lah,” bebernya.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan observasi disejumlah SKPD yang ada di Kota Makassar seperti Disdukcapil, PTSP, DP2 dan beberapa lainnya.

“Dan setelah kita observasi memang kendala dari semuanya adalah persoalan penyimpanan arsip. Seharusnya ini  sejak dulu harus ada tetapi nyatanya sampai saat ini belum ada,” ungkapnya. Sukri juga meyakini jika pengelolaan arsip di pemerintahan kota makassar tidak akan maksimal sepanjang depot arsip belum dimiliki sebab kata dia, kunci kearsipan ada di pada depot.

“Yakin dan percaya kita tidak bisa mengola arsip dengan maksimal kalau kita tidak punya depot, karena kuncinya ada didepot,” terangnya.

Sukri juga mengatakan, dengan adanya depot arsip di Kota Makassar, diharapkan kinerja dan prestasi dinas kearsipan bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Diketahui, persoalan anggaran pembangunan depo arsip Dinas Kearsipan Kota Makassar, Sukri belum  mengetahui, karena hal itu adalah wewenangnya ada di DPU. (rasak)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top