ANEKA

Pedagang Pasar Dipermudah Dapat Kredit

MAKASSAR,UPEKS.co.id—Otoritas Jasa keuangan (OJK) bersama Bank Sulselbar sepakat memberi kemudahan
pedagang pasar yang ingin mengakses kredit.

Tujuannya untuk menambah permodalan mereka. Pedang pasar yang mendapatkan kemudahan mengakses  kredit adalah mereka yang telah mendapatkan rekomendasi dari PD Pasar Makassar Raya.

Demikian kesimpulan pertemuan lima instansi dan perusahaan yang digelar di Kantor OJK, Rabu (27/2).

Kelima instansi duduk bersama membahas percepatan akses kredit yakni OJK Sulampua, Bank Sulselbar, PD  Pasar Makassar Raya, BEI Makassar, dan difasilitasi harian Ujungpandang Ekspres (Upeks).

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulampua, Dani Surya Sinaga  saat memimpin rapat bersama mengatakan, berterima kasih kepada harian Ujungpandang Ekspres (Upeks) yang  telah menjadi fasilitator terkait mendapatkan kredit khusus pedagang pasar.

Menurutnya, salah satu program kerja yang akan dilakukan selama 2019 yakni mempercepat akses kredit  sekaligus meningkatkan literasi keuangan bagi pedagang.

“Potensi bisnis di pasar sangat besar. Makanya, kami menginginkan perbankan juga menyalurkan kreditnya  kepada pedagang pasar baik modern maupun tradisional,” ujarnya.

Melalui pertemuan tersebut diharapkan menghasilkan keputusan yang mengarah pada percepatan akses kredit  utamanya pedagang pasar yang selama ini banyak terkendala permodalan.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Syariah Bank Sulselbar, Rosmala Arifin mengatakan, pihaknya menyiapkan berapapun permintaan dari pedagang pasar sepanjang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Dia mengatakan, pihaknya siap menyalurkan kredit kepada pedagang pasar yang telah dianggap kredibilitas. Bank  Sulselbar sebagai bank yang sebagian besar sahamnya dimiliki pemerintah provinsi dan daerah telah bertekad memajukan usaha kecil termasuk pedagang pasar.

Hanya saja, lanjutnya, permasalahan yang dihadapi sekarang ini yakni literasi keuangan pedagang masih kurang.  Dengan adanya kesempatan ini, Bank Sulselbar tentunya akan menjemput bola dengan melakukan pendataan pedagang pasar yang layak mendapatkan kredit permodalan.

Mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR), Mala–nama panggilan Rosmala menyebutkan untuk semester pertama pihaknya menargetkan KUR Rp414 miliar.

Sementara itu, Dirut PD Pasar Makassar Raya, Syafrullah Se menyambut baik, pihak perbankan yang telah menyatakan kesiapannya memberikan kredit kepada pedagang pasar.

Dia menjelaskan, pihaknya menggarangsi pedagang pasar yang layak menerima fasilitas kredit. Sebelum disalurkan, PD Pasar berjanji akan memberikan rekomendasi sekaligus menjamin bahwa pedagang tersebut layak. PD Pasar memiliki data akurat terkait pedagang pasar yang masih aktif.

Rul-sapaan akrab Syafrullah bahkan mengatakan, secepatnya merealisasikannya. Hanya saja lanjutnya, program tersebut perlu disosialisasikan langsung kepada pedagang pasar.

“Saya juga berterima kasih kepada Upeks yang telah memfasilitasi sehingga ada peluang pedagang pasar dapat mengakses kredit dengan mudah,” katanya seraya menyebutkan, kurang lebih 10 ribu pedagang pasar yang telah terdaftar. Mereka memiliki kartu tanda pedagang.

Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Makassar, Fahmin Amirullah mengatakan, kegiatan pertemuan ini salah satu solusi terbaik mempercepat literasi keuangan. Dia menjelaskan, pihaknya juga bersedia membuka gerai pasar saham di pasar yang potensial.

Manajer Event Organizer Harian Ujungpandang Ekspres (Upeks), Rusli Siri mengatakan, pihaknya akan menjadi fasilitator mempertemukan semua yang terlibat terkait percepatan akses literasi keuangan. (rls)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top