SULAWESI SELATAN

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kunjungi Korban Anjing Gila

TAKALAR, UPEKS.co.id–Sebanyak Sembilang warga kabupaten Gowa jadi korban gigitan anjing Gila diantaranya lima (5) orang anak dan empat (4) orang Dewasa.

“Kejadiannya (Kamis 21/2/19)
Kesembilan warga tersebut berasal dari warga Desa Manimbahoi, Desa Junjung, dan Desa Manjannang kecamatan Parigi Kabupaten Gowa Sulsel, demikian dikatakan drh Siswani dari Balai Besar veretenir melalui aplikasi WhatsAppnya, Minggu, (24/2/19).

Lanjut dikatakan kasus ini kita sudah laporkan langsung ke
Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan langsung di respon, dan hari ini (kemarin) tim langsung mengunjungi korban.

“Tim terdiri dari Dirjen Peternakan dan kesehatan Hewan,Dinas Peternakan Prop Sulsel, Dinas Pertanian dan Peternakan Kab Gowa, Dinas Kesehatan Kab Gowa, Balai Besar Veteriner Maros, Camat Parigi, Kepala Desa, Polsek, Babinsa dan Perangkat Desa melakukan koordinasi terkait kegiatan vaksinasi Rabies di Kecamatan. Parigi.” jelasnya.

Untuk itu korban gigitan rabies atau anjing Gila langsung  diberika VAR (Vaksin Anti Rabies) sebagai tindakan pengobatan.

“Direktorat Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan berupa Vaksin Rabies sebanyak 1000 dosis dan akan segera dilakukan vaksinasi di Kecamatan Parigi oleh petugas dari dinas.” ungkapnya.

Kata Drh Siswani Pemberian Vaksin sebagai bentuk  Pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah menyebarnya kasus rabies.

Sebagai program vaksinasi secara rutin, kontrol populasi dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya penyakit rabies dan tindakan yang dilakukan apabila tergigit oleh HPR (Hewan Pembawa Rabies)

“Jika terjadi atau  ada warga di gigit anjing gila segera melapor ke puskesmas  dan petugas dinas peternakan akan menindak lanjuti untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.” terang drh Siswani. (Jahar).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top