ANEKA

Nelayan Puas Kemudahan Izin Gerai Pelayanan Perizinan Kelautan & Perikanan

SINJAI, UPEKS–Pasca diresmikan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa beberapa waktu lalu. Gerai Pelayanan
Administrasi Perizinan Sektor Kelautan dan Perikanan akhirnya difungsikan.

Gerai Terpadu yang merupakan bagian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMD-  PTSP) Kabupaten Sinjai tersebut memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan  Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP), Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), Surat Izin Usaha Pengangkut Ikan  (SIKPI), Surat Izin Usaha Budidaya Pembenihan, serta Surat Izin Lainnya.

Kepala PMD-PTSP Kabupaten Sinjai, Andi Adeha Syamsuri, Jumat (22/2) mengungkapkan Pemerintah Daerah  sesuai visi misi Bupati memberikan kemudahan kepada masyarakat nelayan dalam pengurusan surat dokumen  perizinan kelautan dan perikanan.

“Pelayanan yang diberikan cukup cepat, asal dokumennya lengkap semua berkas bisa segera diproses. Kalau  jaringan bermasalah paling lama hanya 15 menit dokumen sudah selesai. Nelayan juga sudah tidak perlu lagi  jauh-jauh ke Makassar. Cukup disini saja sudah bisa terlayani,” jelasnya.

Lanjut Andi Adeha mengatakan bahwa Gerai perizinan ini hanya melayani dokumen berkas saja dan tidak ada  transaksi uang.

“Biaya administrasi pemohon langsung setorkan ke Bank. Kami hanya menerima bukti setorannya dan berkas  persyaratan. Kami juga sudah menghimbau pegawai kami agar tidak ada pungli. Dan jika ada terjadi laporkan ke kami dan akan kami proses dan berikan sanksi,” tegasnya.

Sementara sakah satu nelayan Lappa, H. Anwar Manna mengaku sangat terbantu dengan adanya Gerai perizinan terpadu ini.

“Alhamdulillah cukup 2-5 menit berkas kami sudah bisa selesai. Sangat berbeda ketika harus mengurus ke provinsi karena birokrasi yang terlalu lama, terlalu banyak yang keluar. Apalagi ada teman saya butuh 1 bulan baru  selesai berkasnya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan nelayan lain, Ahmad Lamo, menurutnya pegawai di Gerai Perizinan Kelautan dan  Perikanan cukup memadai sehingga tidak perlu menunggu waktu lama.

“Kalau mengurus di provinsi karena harus menunggu lama, banyak biaya yang keluar. Apalagi biaya hidup di Makassar cukup tinggi jelas kami kesulitan. Sekarang cuma butuh waktu 5 menit dokumen sudah selesai dan kami bisa langsung melaut,” terangnya.

Diketahui saat ini Gerai Terpadu Perizinan Kelautan dan Perikanan sudah melayani sekitar 208 surat izin. (egy).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top