RAGAM

Hj. Hamsiah Iksan Hadiri RAT di Bangkala

JENEPONTO, UPEKS.co.id – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jeneponto menghadiri Acara Rapat AnggotaTahunan (RAT) Koperasi Pegawai Republik Indonesia ((KPRI) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Bangkala, Jumat (22/2/2019).

Dalam sambutannya, Hamsiah Iksan mengatakan ooperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa memiliki peran penting dalam memajukan ekonomi bangsa secara luas.

Oleh karena itu, kata Hamsiah peran dewan pendidikan sebagai fasilitator para guru dan pendidik terus mendorong agar peran serta koperasi dapat menjadi pilar dalam memajukan ekonomi para guru dan pendidik melalui KPRI atau Koperasi Pegawai Republik Indonesia, ujar Hamsiah dihadapan ratusan guru dan pengajar di Bangkala.

Dikatakannya, sinergitas antara dewan pendidikan dengan Koperasi sangat di butuhkan sebagai bentuk dari implementasi 4 (Empat) Pilar Pendidikan yaitu pertama, Learning to Know  atau belajar untuk menguasai.

Ia menilai belajar untuk menguasai artinya bukan hanya sekedar belajar untuk mendapatkan pengetahuan semata, melainkan belajar untuk memperoleh pengetahuan seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya melalui koperasi.

“Semua akan belajar bagaimana berorganisasi secara sehat dan saling berbagi keuntungan atau dalam istilah Koperasi dikenal  denga SHU atau Sisa Hasil Usaha”.

Kedua, kata Hamsiah yakni Learning to do atau belajar untuk menerapkan. Menerapkan system ekonomi yang seimbang dalam kehidupan sehari hari akan mampu meningkatkan kesejahteraan hidup para anggota koperasi, jelasnya.

Kemudian yang ketiga, kata Hamsiah yakni Learning to live together atau belajar untuk dapat hidup bersama. Jika ini diterapkan dalam kehidupan sehari hari maka kebersamaan akan memupuk kekeluargaan dan kita tahu bahwa asas koperasi ialah adanya nilai kekeluargaan dan kesamaan dalam pengelolaannya.

Dan yang  ke empat, tambah Hamsiah yakni Learning to be atau belajar untuk menjadi lebih baik. Pilar ke Empat ini mengajarkan kita untuk terus belajar untuk menjadi lebih baik, maju, dan bermanfaat bagi sesama, pungkas Istri Nomor 1 orang Jeneponto tersebut. (Lau)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top