MAKASSAR CITY

Lantamal VI Makassar Gelar Upacara Peringati HPSN 2019

Makassar,  Upeks.co.id–Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar  gelar upacara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 bertempat di Pantai Jalaria Makassar, Kamis (21/2/2019).

Sebagai inspektur upacara (Irup)  peringatan HPSN tahun 2019 Wadan Lantamal VI Makassar Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas dan dihadiri para Asisten Danlantamal VI, Para Kadis /Kasatker Lantamal VI, seluruh personel Lantamal VI serta sejumlah masyarakat sekitar kota Makassar.

Dalam amanat Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono S.H,M.Tr (Han) yang dibacakan Wadan mengatakan pengelolaan sampah saat ini dinilai masih perlu dioptimalkan dalam arti pengelolaan perlu dilakukan secara terpadu mulai dari sumbernya yakni dari rumah tangga hingga ke tempat pembuangan.

Lebih lanjut dikatakan, Pada tahun 2008  telah terbit Undang-Undang No 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah dan aturan pelaksanaanya terangkum pada peraturan pemerintah nomor 81 tentang pengelolaan sampah rumah tangga.

Kenyataan menunjukkan bahwa hingga saat ini pengelolaan sampah masih dirasakan bermasalah dan belum optimal. Pengelolaan sampah masih perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan, ujar Wadan membacakan amanat Danlantamal VI.

Wadan Lantamal VI juga menjelaskan terkait dengan hal tersebut telah dikeluarkan peraturan Presiden Nomor 7 tahun 2017 tentang kebijaksanaan dan strategis nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga (Jakstranas) yang di dalamnya pemerintah mencanangkan target pengurangan sampah sebesar 30 % dan penanganan sebesar 70% di tahun 2025.(rls)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top