ANEKA

Dandim 1426 Takalar Warning TNI yang tak Netral di Pilpres dan Pileg

TAKALAR,UPEKS.co.id—-Dandim 1426/Takalar Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si menegaskan kembali
Prajuritnya untuk menjaga Netralitas selama Pileg dan Pilpres 2019 khususnya di wilayah Kabupaten. Takalar,

Jangan ada yang coba tidak netral apalagi pengaruhi warga dipilpres dan Pilcaleg resikonya sangat fatal bisa  dilakukan pemecatan.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan bersama dengan jajaran TNI Lingkup Kodim 1426 Takalar berlangsung di  Aula Makodim,dihadiri 158 orang personel TNI dan PNS Kodim 1426/Takalar, Kamis (21/2/19).

“Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor  34 Tahun 2004 tentang TNI dan kepada seluruh jajaran TNI agar mempedomani netralitas sebagai penjabaran  maupun pelaksanaan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, sehingga tidak ada toleransi bagi pelanggar netralitas,” tegas Dandim saat memberikan pengarahan kepada prajuritnya.

Dandim menjelaskan bahwa, Implementasi Netralitas TNI dalam Pemilu yakni mengamankan dan mensukseskan  penyelenggaraan Pemilu dan sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri.

“Prajurit TNI harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis,  namun tingkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, ”ujarnya”

Menurutnya, “Apabila ada Prajurit TNI aktif yang akan mengikuti Pemilu harus membuat pernyataan  mengundurkan diri dari dinas aktif (pensiun), sebelum tahap pelaksanaan Pemilu dan Pilkada (berdasarkan Surat  Telegram Panglima TNI Nomor STR / 546 / 2006 tanggal 22 Agustus 2006), ”terangnya.

Perwira Dua Bunga memegaskan Khusus bagi prajurit TNI isteri/suami/anak prajurit TNI),”hak memilih merupakan  hak individu selaku warga negara, institusi atau satuan dilarang memberi arahan dalam menentukan pelaksanaan  dari hak pilih tersebut.”ujarnya.

Lanjut Ilham Ia mememinta setiap Komandan Satuan wajib mensosialisasikan Netralitas TNI dalam Pemilu kepada  anggota dan keluarganya baik pada setiap apel maupun pada jam komandan.(Jahar).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top