EDUKASI BUDAYA

Rektor UMI Perkuat Desa Binaan dan Program Inovasi di Pinrang

PINRANG,UPEKS.co.id—Rektor UMI, Prof. Dr. H Basri Modding, SE., MSi., didampingi Wakil Rektor I, Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT dan Wakil Rektor V, Prof. Dr. H. Hatta Fattah, MS usai hadiri HUT ke 59 Pinrang kunjungi Desa  Wiringtasi di Kecamatan Suppa yang merupakan salah satu desa binaan UMI di Pinrang.

Kunjungan rektor yang diterima Kepala Desa Wiringtasi Kec. Suppa, A. Dewi ini bertujuan melihat secara dekat  kondisi lapangan serta mencermati potensi desa yang dapat dikembangkan dengan penguatan BUMdes.

Tampak Rektor UMI berdialog bersama aparat desa, pelaku usaha, pengelola BUMdes Kawasan Luwita dalam  suasana kekeluargaan.

Basri Modding mengatakan, pihaknya akan melaksanakan program revitalisasi Desa Binaan melalui
Pengarusutamaan Peran BUMDes. Kajian pengembangan UMI merekomendasikan pengembangan Badan Usaha  Milik Desa (BUMDes) sebagai instrumen kunci mempercepat kemajuan desa dan kesejehteraan masyarakat  pedesaan.

Guru besar Fakultas Ekonomi UMI ini menambahkan, program BUMDes akan mendorong secara simultan  percepatan pembangunan dan kemajuan desa, akselerasi kesejahteraan masyarakat serta peningkatan  partisipasi masyarakat desa dan stakeholders.

BUMDes Bersama empat desa yakni Tasiwalie, Wiringtasi, Ujung Lero, dan Ujung Labuan di Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang yang dikenal sebagai Kawasan Luwita dipandang strategis karena telah menjadi kawasan pembinaan UMI sejak tahun 2005.

Sementara itu, Wakil Rektor V UMI, Prof. Dr. Hatta Fattah, MS menambahkan, program ini, tindak lanjut dari  assessment Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristek 11 Pebruari 2019 di UMI.

Hasil assessment Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti merekomendasikan UMI bekerjasama Pemkab  Pinrang dan Pemprov Sulawesi Selatan pada pengembangan Teaching Industri: Pinrang Phronima Suppa  Biomass Industry sebagai Klaster Baru Inovasi di Indonesia.

Insya Allah, tahap awal UMI akan memberikan dukungan dalam bentuk penguatan manajemen BUMDes Bersama  di Kawasan Luwita melalui penguatan kelembagaan dan tata organisasi, peningkatan kapasitas SDM pengelola.

”Selain itu, penguatan akses pasar dan keuangan serta pengembangan jejaring untuk mewujudkan BUMDes  menjadi pilar pembangunan daerah dan nasional,” tandas Hatta Fattah.

Sementara itu Kepala Desa Wiringtasi, A Dewi berterima kasih atas kunjungan Rektor UMI bersama rombongan.  Tentunya program BUMdes akan mendorong secara simultan percepatan pembangunan dan kemajuan desa kami.

”Kami bersama masyarakat berterima kasih kepada UMI yang sejak 2005 telah menjadikan desa kami sebagai  salah satu binaan UMI dan banyak hal yang UMI telah lakukan untuk pengembangan desa kami dengan berbagai  program, termasuk peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) dan memacu kesejahteraan ekonomi  masyarakat kami. (rls).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top