ANEKA

Kesbangpol Bekali Pendidikan Politik Pemilih Pemula

LUTIM,UPEKS.co.id—Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Luwu Timur menggelar  sosialisasi Pemilih Pemula bertema “Meningkatkan Partisipasi dan Kedewasaan Politik Bagi Pemilih Pemula
Dalam Rangka Menyongsong Pemilu 2019”.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan pelajar dari berbagai sekolah dan guru pendamping yang dipusatkan di Aula  Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Rabu (20/02/2019).

Pelaksanan sosialisasi ini dibuka Asisten Pemerintahan, Dohri As’ari mewakili Bupati Luwu Timur. Turut hadir  dalam acara tersebut Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rahman Atja, dan Komisioner KPU Kabupaten Luwu Timur,  Zainal.

“Pemerintah daerah menyambut baik pelaksanaan sosialisasi pemilih pemula ini untuk mendorong peningkatan partisipasi pemilih yang akan berlangsung 17 April 2019 mendatang. Harapan kita semua, pesta demokrasi ini dapat berlangsung aman, tertib dan lancar,” kata Dohri.

Lanjut Dohri, Pendidikan Politik merupakan upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar lebih memahami situasi politik. Pemahaman kesadaran berpolitik bagi pemilih pemula perlu diaktualkan melalui sosialisasi seperti ini. Apalagi pemilih pemula merupakan sasaran potensial untuk mendulang suara.

“Intinya jangan sampai pemilih pemula asal mencoblos calon karena populer semata atau karena modalnya kuat tapi tidak mampu mengemban aspirasi masyarakat yang telah memilihnya,” jelasnya.

“Harapan kami selaku pemerintah setempat, agar sosialisasi ini menjadi wadah yang mencerahkan bagi para pemilih pemula sehingga menjadi pemilih yang cerdas dan yang paling penting ikut berpartisipasi menyalurkan hak  pilihnya di TPS nantinya,” jelas Dohri.

Sementara Kepala Kesbangpol Luwu Timur, Guntur Hafid mengatakan, sosialisasi pemilih pemula ini dilakukan  sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilu serentak tahun 2019.

“Sosialisasi ini terbagi dua zona. Zona pertama di Aula Sasana Praja Kantor Bupati diikuti 200 peserta dan zona  kedua di gedung pertemuan Tomoni sekitar 150 peserta,” ungkap Guntur. (hms/ikp/kominfo)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top