ANEKA

Harun MasirriUngkap Enam Puskesmas Kekurangan Dokter Gigi

KOLAKA,UPEKS.co.id—Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) Harun Masirri ditemui di ruang kerjanya,  mengungkapkan ada enam Puskesmas yang masih kekurangan dokter gigi. Diantaranya Puskesmas Toari,  Watubangga, Kukutio, Polinggona, Wolo dan Iwoimendaa.

Selain itu, kata Harun, dari enam Puskesmas yang kekurangan dokter gigi, juga ada sejumlah Puskesmas yang  tidak memiliki dokter umum. Begitupun halnya di Rumah Sakit Umum(RSU) Benyamin Guluh juga masih  kekurangan dokter ahli.

“Di RSU Benyamin Guluh juga masih kekurangan dokter ahli,”kata Kadinkes tanpa merinci dokter ahli yang  dimaksud.

Selain itu kata Harun masih ada lima Puskesmas yang perlu dilakukan akreditasi. Menurutnya penilaian akreditasi  wajib bagi semua fasilitas pelayanan kesehatan, agar fasilitas kesehatan memberikan pelayanan yang berkualitas.

Sehingga mendapat dukungan dan kepercayaan dari masyarakat. “Jika tidak terakreditasi maka fasilitas  kesehatan tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,”kata Harun.

Harun menjelaskan tingkatan penilaian akreditasi fasilitas kesehatan yaitu ; tidak lulus, Dasar, Madya, Utama dan  Paripurna.

“Saat ini kita sudah memiliki satu Puskesmas yang terakrediasi Paripurna yaitu Puskesmas Pomalaa,”jelas Harun.

Dikatakannya batas waktu penilaian akreditasi Puskesmas di rencanakan Pemerintah tahun 2019. Untuk  Kabupaten Kolaka, dari 14 Puskesmas telah terakreditasi ada sembilan Puskesmas.

“Insyah Allah di tahun 2019 kita berharap lima Puskesmas sudah bisa terakreditasi semua,”harap Kadinkes.(pil)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top