EDUKASI BUDAYA

Tim Pengabdi Internal FTI UMI Sharing dan Berdayakan UKM Cengkeh di Bulukumba

BULUKUMBA,UPEKS.co.id–Kabupaten Bulukumba memiliki potensi hasil perkebunan tinggi. Salah satu hasil perkebunan yang cukup menonjol perkebunan
cengkeh.

Selain bunga cengkeh yang menjadi hasil kebun utama, daun-daun cengkeh yang gugur juga dapat dimanfaatkan jadi bahan baku minyak atsiri cengkeh.

UMKM di Bulukumba yang berjarak kurang lebih 170 Km dari Makassar, banyak memanfaatkan proses pengolahan daun cengkeh menjadi minyak cengkeh.

Untuk meningkatkan efektifitas produksi dan proses distalisi minyak cengkeh, tim pengabdi internal FTI UMI, Ir H Syamsuddin Yani, ST, MT PhD, IPM ASEAN
Eng, Ir Setyawati Yani, ST MT PHD IPM ASEAN Eng, Ir Fitra Jaya, ST MT IPM ASEAN Eng dan Prof Dr Ir Abdul Makhsud, DEA melakukan pengabdian  pemberdayaan UKM Pengolahan minyak cengkeh di Desa Borong Rappoa, Kec Kindang Kab Bulukumba, baru-baru ini.

Tim bersama mahasiswa Pascasarjana Teknik Kimia FTI UMI, Eni Ayu Safitri berintetaksi pengelola UMKM, H Abbas dan Arifin melakukan sharing untuk  peningkatan efektifitas dan kualitas proses penyulingan minyak cengkeh.

Potensi sunberdaya alam di Kawasan Indonesia Timur, termasuk Bulukumba adalah peluang dan tantangan bagi FTI UMI untuk mendukung perkembangan  industri terkait dan untuk mendorong munculnya wirausaha industri maju berbasis kekayaan alam.

Pelibatan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat adalah untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan melihat peluang mengembangkan  entrepreunership.

Interaksi akademisi dan praktisi industri sangat bermanfaat dalam upaya untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam upaya mendorong UMKM  menuju kemajuan dan kemandirian industri. Hal ini sangat sesuai dengan visi #FTI UMIKEREN: Sharing is Caring.

Bagi Mahasiswa dan Alumni FTI UMI yang konsen pada usaha UMKM, kami selalu siap memberi pendampingan agar semakin menguatkan di tengah  masyarakat, kata Ir Setyawati Yani. (rls).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top