ANEKA

Stand Pameran Fest & Expo 2019 HJS 455, Pemda Prioritaskan Pedagang Lokal

SINJAI, UPEKS.co.id—Pemerintah Kabupaten Sinjai akan berdayakan pedagang lokal untuk ikut serta  mengambil tempat pada lokasi pameran Sinjai FEST & EXPO 2019 dalam rangka Hari Jadi Sinjai (HJS) ke 455.

Rencananya pemeran ini akan digelar di Lapangan Sinjai Bersatu Kecamatan Sinjai Utara.

Hal ini terlihat ketika puluhan pedagang lokal sinjai yang ingin ikut berpartisipasi memeriahkan pameran  pembangunan tersebut, mendatangi kantor kecamatan Sinjai Utara. Mereka mendaftar untuk mendapatkan stand  atau lapak.

Diketahui karena tingginya minat masyarakat. Jumlah stand yang dibuka habis bahkan pendaftaran stand lapak  pedagang ditutup pada Kamis (14/2).

Plt. Camat Sinjai Utara, A. Jefriyanto Asapa mengatakan bahwa pada tahun ini untuk stand atau lapak akan  diutamakan bagi pedagang lokal. “Lapak akan kita berdayakan kepada pedagang lokal lebih dahulu.

Hal ini juga sesuai arahan Pak Bupati untuk mengutamakan pedagang lokal sinjai. Jika ada sisa yang kosong baru  untuk pedagang dari luar,” ungkapnya.

Andi Jefriyanto yang juga Kepala Kesbangpol Sinjai tersebut menjelaskan proses mendapatkan lapak sudah ada  pembukaan pendaftaran di Kantor kecamatan Sinjai Utara. Adapun persyaratannya, yakni foto copy KTP dan KK,

Surat Keterangan Usaha (SKU), Tenda warna coklat, tidak boleh diwakili dan 1 pengusaha 1 lapak.

“Yang diutamakan pedagang/warga lokal. Jadi dengan begitu, yang berjualan memang warga lokal. Selain itu  diharapkan pula untuk pedagang yang sudah mendaftar benar benar menempati lapak yang sudah disediakan.  Dan sampai hari ini yang sudah mendaftar sebanyak 90 pedagang yang terdiri dari warung 40, pedagang Pop Ice  47 dan 3 penjual martabak. Pendaftaran tidak dipungut biaya atau gratis,” jelasnya.

Lanjut, A. Jefriyanto Asapa menegaskan bahwa lapak tidak boleh diperjualbelikan, apalagi kepada pedagang luar.

Apabila ada ditemukan pedagang lokal yang menjual lapaknya kepada orang luar akan ditindak dengan tegas.  Bahkan Pak Bupati juga pernah menyampaikan bahwa tidak boleh ada lagi muncul masalah jual beli stand. Semua  harus dikelola dengan baik dan transparan.

“Jika ada ditemukan pedagang yang menjual lapaknya, kita akan kosongkan lapaknya kemudian menggantikannya  dengan pedagang yang tidak kebagian lapak yang mendaftar kepada petugas kami,” tegasnya.

Pameran Hiburan Rakyat Sinjai Fest & Expo 2019 tersebut dengan pelibatan dan partisipasi seluruh OPD maupun instansi terkait dengan stand pameran, maupun pedagang lokal yang rencananya dilaksanakan tanggal 18-27  Februari 2019 mendatang. (egy)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top