ANEKA

KPU Pangkep Gencar Sosialisasi Pindah Memilih

PANGKEP,UPEKS.co.id — Komisi pemilihan umum(KPU) Pangkep gencar lakukan sosialisasi pindah memilih.
Baru-baru ini, KPU sosiialisasi kepada Mahasiswa asal Kepulauan Terluar Pangkep dan Karyawan PT Semen
Tonasa.

Komisioner KPU Pangkep, Saiful Mujib mengatakan, Pemilu 2019 sisa menghitung hari. Hari Pemilihan yang jatuh  pada 17 April 2019, diharapkan terlaksana dengan baik, jujur dan adil.

Lanjutnya, sosialisasi kepada mahasiswa asal kepulauan terluar Pangkep dan karyawan PT Semen Tonasa ini  diharapkan mampu memberikan pemahaman pemilih tentang konsekwensi jika menggunakan surat keterangan pindah memilih atau A5 dalam Pemilu 2019.

Lebih lanjut disampaikannya, Ada beberapa persyaratan pemilih yang dapat mengurus A5. Diantaranya tugas pemerintahan, tugas belajar, sakit dan harus mendapat perawatan di RS, menjadi tahanan sementara di  rutan/Lapas.

Namun pemilih yang dapat mengurus A5 adalah pemilih yang telah terdaftar di DPT.

“Konsekwensi bagi pemilih yang menggunakan A5 di TPS, bisa jadi tidak mendapatkan Lima surat suara.  Misalnya, jika dia pindah di dapil yang berbeda di satu Kabupaten, maka dia tidak mendapatkan surat suara DPRD  Kab. Kota, artinya hanya Empat surat suara,”katanya.

“Jika pindah memilih di luar Kabupaten sedangkan berbeda dapil DPRD Provinsi, maka dia tidak akan  mendapatkan dua surat suara. Artinya sisa tiga saja. Jika pemilih dimaksud pindah memilih di provinsi yang berbeda dengan tempat dimana ia terdaftar, maka hanya satu surat suara yang dia dapat di TPS, surat suara  Presiden dan Wakil Presiden,”jelasnya.

KPU juga berharap, pemilih yang ingin mengurus A5 agar segera mendatangi petugas PPS tempatnya terdaftar dalam DPT sebelum tanggal 17 Februari 2019, karena terkait dengan ketersediaan surat suara nanti di TPS.(Sah)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top