ANEKA

65.2 M Pagu Usulan Untuk Kecamatan Kalaena 2020

LUTIM,UPEKS.co.id—Staf Ahli Hukum & Pemerintahan, H Budiman mewakili Bupati Luwu Timur membuka
Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kalaena. Kegiatan tersebut berlangsung di
Gedung Serbaguna Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur.

“Tujuan Pembangunan Daerah menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
adalah untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha,  meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing Daerah,” ungkap Budiman dalam  sambutannya, Selasa (12/02/2019).

Lanjut Budiman, Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan merupakan forum pembahasan hasil daftar usulan  Desa/Kelurahan di lingkup Kecamatan yang bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan  kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan, yang diintegrasikan dengan Prioritas  Pembangunan Daerah di wilayah Kecamatan.

“Kita semua tentunya memahami pesatnya perkembangan ekonomi dan politik global saat ini, yang menjadikan  Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menghadapi tantangan besar dan kompleksitas  permasalahan global yang semakin berat dari tahun ke tahun,” sambung Budiman saat membacakan sambutan  pidato Bupati Luwu Timur.

Olehnya itu, Kita patut bersyukur karena selama kurun waktu tiga tahun ini, kita telah mampu menjalankan  penyelenggaraan urusan Pemerintahan melalui kebijakan dan program pembangunan tahap demi tahap dengan  hasil capaian yang semakin membaik.

Hal tersebut ditunjukkan dengan capaian indikator makro utama pembangunan daerah berupa perkembangan Indeks Pembangunan (IPM) Manusia Lutim yang 2017 mencapai 71,46, atau meningkat 0,51 poin dibanding tahun  sebelumnya 70,95, dengan pertumbuhan 0,72%.

Dengan nilai IPM diatas 70, berdasarkan klasifikasi UNDP, Kabupaten Luwu Timur telah mampu mencapai klasifikasi IPM tinggi (70 ≤ IPM < 80).

Musrenbang Kecamatan Kalaena yang dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Luwu Dapil 3 Mangkutana Raya  (Kecamatan Tomoni, Tomoni Timur, Mangkutana dan Kalaena) Idrus, Drs. H. Imam Muhajir, Rully Heryawan, Aris  Situmorang, Suwandi dan I Made Sariana ini, terdapat 49 usulan dri 7 Desa se-Kecamatan Kalaena dengan pagu  usulan sebesar Rp. 65.200.000.000. (citizen report/ikp/kominfo).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top