ANEKA

Kampanyekan ‘Ayo Gowa Bersih’, Adnan Ajak Warga Jaga Kebersihan

GOWA, UPEKS.co.id—Untuk Meningkatkan kesadaran dan mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan mulai dari tempat tinggal dan  lingkungannya, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan kampanyekan Ayo Gowa Bersih di Hari Peduli Sampah Nasional. Kegiatan berlangsung di Kawasan Car  Free Day, Jalan Tumanurung, Minggu (10/2/2019) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan Peduli Gowa bekerjasama dengan Pemkab dan Bank Sampah Induk Gowa ini juga turut dihadiri Dandim XIV Hasanuddin, Letkol  Arh. Nur Subekhi, Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga, serta pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Adnan mengatakan, ketika kita bicara sampah, bicara kotoran maka tentu ini merupakan panggilan jiwa kita, panggilan nurani kita untuk bersama-sama kita  bersihkan sampah di wilayah kabupaten Gowa ini.

” Ayo bersama-sama kita jaga kebersihan daerah kita dimulai dari rumah kemudian lingkungan sekitar. Membersihkan sampah tidak hanya menjadi tanggung  jawab pemerintah namun dibutuhkan peren serta dan dukungan kita bersama,” kata Adnan.

Bupati Adnan menekankan, kalaupun masyarakat tidak sempat ikut kerja bakti bersama, hindari untuk membuang sampah disembarangan tempat.

“Oleh Karena itu, hari ini harus menjadi deklarasi kita semua, harus menjadi keinginan kita bersama dan harus menjadi komitmen kita bersama, untuk  mewujudkan kabupaten Gowa ini menjadi kabupaten yang bersih demi meraih kembali piala adipura,” ajak Bupati termuda dikawasan timur indonesia ini  dihadapan masyarakat yang hadir di car free day.

Ditempat yang sama, Ketua Peduli Gowa, Hidayatullah mengatakan bahwa Dalam kampanye ini sebagai awal pembukaan peringatan Hari Peduli Sampah  Nasional di Gowa.

“Hari ini masyarakat akan diajak menandatangani petisi untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian menyerukan agar masyarakat, utamanya  relawan Peduli Gowa mengkampanyekan hari peduli sampah nasional di sosial medianya masing-masing dengan tujuan target dari kampanye tersebut dapat  terealisasi,”ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua Peduli Gowa menyampaikan bahwa, peringatan ini juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan lainnya seperti menggelar Clean up Day di  setiap kecamatan di Gowa yang dikordinatori masing-masing Koordinator Peduli Gowa.

“Target Clean up Day ini untuk mengajak semua masyarakat yang ada di kecamatannya untuk terlibat secara aktif membersihkan secara rutin area-area  lingkungannya. Termasuk yang terkena dampak pencemaran lingkungan,” jelasnya.

Tak hanya itu, Kita juga akan melakukan sosialisasi bank sampah yang lokasinya masih akan dibahas dengan menghadirkan pihak pemerintah kecamatan, lurah,  kepala desa, organisasi kelurahan desa, dusun, RT dan RW.

“Sosialisasi bank sampah ini digelar agar kedepannya masyarakat bisa betul-betul paham terkait kehadiran bank sampah di lingkungan mereka,” tandas  Hidayatullah (sofyan)

Loading...

#TRENDING

To Top