SULAWESI SELATAN

BPS Jeneponto Gelar Pelatihan Susenas Maret 2019

 

JENEPONTO, UPEKS.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jeneponto menggelar Pelatihan bagi petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) MaretTahun 2019 yang dilaksanakan di Hotel Kita Bontosunggu, Jumat (8/2/2019).

Pelatihan Petugas Susenas ini dibagi dalam dua gelombang, yaitu gelombang I Tanggal 4 sampai dengan 7 Februari 2019 dan gelombang II Tanggal 8 sampai dengan 11 Februari. Kegiatan Pelatihan Susenas ini dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Jeneponto Mukrabin.

Pelatihan Susenas Maret 2019 bertujuan untuk menyamakan persepsi petugas terhadap pemahaman konsep dan definisi operasional dari variabel-variabel yang ditanyakan dalam survei. Dan Susenas ini digelar dua kali setahun yaitu pada bulan Maret dan September, ujar Mukrabin saat membuka Pelatihan Petugas Susenas Maret 2019.

Dalam arahannya, Mukrabin mengatakan pada era sustainable development goals (SDGs), data revolusioner, big data utama bagi para pemangku kebijakan dalam merencanakan pembangunan nasional.

Dikatakannya, indikator statistik digunakan oleh kementerian/lembaga dan berbagai pihak untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi, serta pengukuran akuntabilitas pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Namun demikian, beragam data yang tersedia untuk indikator statistik yang sangat seringkali menyulitkan pengguna data dalam melakukan data yang akan digunakan, jelas Mukrabin.

Mukrabin juga menyampaikan bahwa saat ini, survei sosial ekonomi nasional (Susenas) merupakan sandaran utama pemenuhan kebutuhan pemerintah dalam mengimplementasikan pembangunan nasional agar sejalan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019 dan tujuan pembangunan internasional, ujarnya.

Selanjutnya lanjut Mukrabin, pengumpulan data Susenas Maret 2019 akan dilanjutkan dengan pelaksanaan pengukuran  stasus gizi balita pada bulan April 2019.

Dengan demikian, kata Mukrabin rumah tangga sampel terpilih pada pengumpulan  data Susenas Maret, 2019 akan dikunjungi kembali oleh petugas SSGBI, Kepala Seksi Statistik sosial BPS Kabupaten/kota akan berperan aktif sebagai koordinator penyerahan blok I-IV Susenas kepada petugas SSGBI, terangnya.

Pelatihan Susenas Maret 2019 yang digelar oleh BPS Jeneponto diikuti oleh 48 peserta. Untuk petugas pencacah sampel (PCS) sebanyak 35 orang dan Petugas oengawas/pemeriksa sampel rumah tangga sebanyak 13 orang. (Lau)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top