MAKASSAR CITY

Pewarta Upeks Raih Juara I Vale Journalistic Writing & Photography Contest 2018

Penyerahan hadiah  Vale Journalistic Writing & Photography Contest 2018 diselenggarakan mulai 1 Juli hingga 27 Oktober 2018 dengan mengusung tema “Membangun Indonesia melalui Pertambangan Berkelanjutan” dalam acara Simposium bertajuk “Keberlanjutan: Investasi Masa Depan” di Hotel Claro, Makassar, 6 Februari 2019.

MAKASSAR, UPEKS.co id–Perwarta Harian Ujungpandang Ekspres (Upeks), Herman kembali meraih juara pertama di ajang Vale Journalistic Writing & Photography Contest 2018.

Lewat judul berita online “PT Vale, Petani dan “Buah Manis” Padi Organik”, Herman  memikat para dewan juri di ajang lomba bergengsi berskala nasional ini.

Dalam judul tersebut, Herman mencoba menggambarkan upaya PT Vale menyentuh masyarakat sekitar khususnya petani melalui sistem bertani yang ramah lingkungan.

Dimulai dari edukasi manfaat padi organik hingga langkah-langkah pendampingan yang berkelanjutan sampai pada proses pemasaran produk.

“Kompetisi tersebut merupakan bagian dari kegiatan dari perayaan HUT ke-50 PT Vale sekaligus sebagai bentuk apresiasi Perusahaan terhadap karya-karya jurnalis tulis maupun foto yang memiliki fokus pemberitaan pada dunia pertambangan. Event serupa, Vale Journalistic Writing & Photography Contest 2019, akan diluncurkan dalam waktu dekat,” kata Nico Kanter, CEO dan Presiden Direktur PT Vale dalam Simposium bertajuk “Keberlanjutan: Investasi Masa Depan” di Hotel Claro, Makassar, 6 Februari 2019.

Dalam simposium tersebut, juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah secara simbolis kepada para pemenang lomba. Juara pertama  membawa pulang sebesar Rp20 juta.

Vale Journalistic Writing & Photography Contest 2018 diselenggarakan mulai 1 Juli hingga 27 Oktober 2018 dengan mengusung tema “Membangun Indonesia melalui Pertambangan Berkelanjutan”. Kontes ini merupakan salah satu kegiatan dari perayaan “50 Tahun PT Vale di Indonesia (1968-2018)”.

Fase penjurian dimulai pada awal bulan November, dengan final meeting dilakukan pada hari Jumat, 9 November 2018 dan Senin, 12 November 2018 yang melibatkan dewan juri di bawah ini.

Dewan Juri Journalistic Writing Contest adalah Bernardus Irmanto (Wakil Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk), Basrie Kamba (Praktisi Komunikasi Korporasi dan Keberlanjutan) dan Agus Sudibyo (Direktur Indonesia New Media Watch; Anggota Dewan Pers periode 2010-2013).

Diikuti oleh puluhan peserta, hasil penjurian menetapkan 9 orang pemenang kategori writing dan 3 orang pemenang kategori photography.

Pemenang Journalistic Writing Contest:

Juara I: Herman, jurnalis Harian Ujungpandang Express dengan judul artikel “PT Vale, Petani dan ‘Buah Manis’ Padi Organik”

Juara II: Suwarny Dammar, jurnalis Koran Sindo Makassar dengan judul artikel “Galakkan Pertanian Ramah Lingkungan, PT Vale Sebarkan Semerbak Wangi SRI Organik Pikat Petani”

Juara III: Anton Chrisbiyanto, jurnalis Sindonews.com dengan judul artikel “PT Vale Dukung Pembangunan Bangsa Melalui Pembangunan Berkelanjutan”

Juara IV: Cahyo Prayogo, jurnalis Warta Ekonomi dengan judul artikel “Vale Indonesia, Setengah Abad Membangun Negeri”

Juara V: Marwiah Syam, jurnalis Pedomansulsel.com dengan judul artikel “Setengah Abad, Andil Vale Terhadap Laju Pertumbuhan Ekonomi Sulsel”

Juara VI: Muhammad Nur Mekah, jurnalis Majalah Tambang dengan judul artikel “Menuju Kapasitas Produksi 90 Ribu Ton”

Juara VII: Euis Rita Hartati, jurnalis Investor Daily dengan judul artikel “Setengah Abad, Lebih Dari Sekedar Menambang”

Juara VIII: Afut Syafril, jurnalis Antara.com dengan judul artikel “Menyelami Danau Purba dan Gua Tengkorak”

Juara IX: Faorick Pakpahan, jurnalis Sindo Weekly dengan judul artikel “Mendulang Tambang, Merawat Lingkungan”. (hery).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top