ANEKA

Sertifikat PTSL Memberi Kepastian Hak dan Legalitas Tanah pada Masyarakat

GOWA, UPEKS.co.id— Badan Pertanahan Nasiainal (BPN) Gowa kembali menyerahakan sebanyak 600 sertifikat  tanah dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2018 bagi masyarakat Kelurahan
Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten gowa, Senin (4/2/2019).

Penyerahan sertifikat ini merupakan program yang diinisiasi Presiden RI Joko Widodo ini dalam rangka  mempercepat proses sertifikasi tanah di setiap wilayah, termasuk di Kabupaten Gowa, di hadiri oleh Bupati Gowa,  Adnan Purichta Ichsan dan Camat Bontomarannu, Muh Sabir Bangsawan.

Menurut Adnan pemberian sertifikat tanah menjadi langkah rill agar pemilik tanah memperoleh hak legalitas dari  kepemilikan tanah mereka yang jelas secara administratif.

“Ini menjadi motivasi dan inovasi dari badan pertanahan daerah sehingga mampu memberikan kepastian hak  legalitas tanah masyarakat yang tentunya sudah lama dinanti-nantikan,” ujar Adnan di sela-sela Penyerahan  Sertifikat yang dirangkaikan dengan Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan  Pertanahan Kabupaten Gowa di Kantor Camat Bontomarannu.

Menurutnya, persoalan tanah juga dianggap menjadi salah satu sebab terjadinya konflik horisontal di lingkungan masyarakat. Bahkan tidak sedikit dapat mengundang pertikaian antar kelompok, bahkan antar sesama sanak keluarga.

“Kita harapkan adanya sertifikat tanah secara sah yang dimiliki masyarakat mampu meminimalisir sekaligus menghilangkan persoalan klaim maupun konflik-konflik masalah tanah di Gowa,” terang mantan anggota DPRD Sulsel dua periode ini.

Sementara Kepala BPN Gowa Awaluddin menjelaskan, penyerahan sertifikat tanah tahun 2018 ini merupakan program yang diluncurkan Kementrian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN). Dan  telah mendapat perintah langsung dari Presiden RI Jokowi untuk segera dituntaskan pada 2019 ini.

“Untuk di Kelurahan Bontomanai hari ini telah kita serahkan sebanyak 600 sertifikat. Pemberian ini dimaksudkan agar si pemilik tanah tersebut mendapatkan haknya secara administratif,” ungkapnya.

Ia pun berharap kiranya masyarakat yang mendapatkan sertifikat mudah-mudahan sesuai dengan harapan pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun kabupaten, sehingga keberadaan sertifikat ini lebih bisa sejahterahkan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan Camat Bontomarannu, Muh Sabir Bangsawan beserta sejumlah Tripika Kecamatan Bontomarannu. (sofyan)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top