ANEKA

Produksi Air Terbatas, PDAM Hanya Buka Sambungan Baru Warga Kurang Mampu

GOWA, UPEKS.co.id—Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang untuk sementara waktu tidak akan menambah pelanggan atau pemasangan  baru sambungan Air bersih bagi masyarakat umum atau reguler.

Dirut PDAM Tirta Jeneberang, H Hasanuddin Kamal saat dikonfirmasi mengatakan hal tersebut dilakukan terkait kapasitas atau produksi air baku saat ini  terbatas.

“Untuk saat ini kita tidak akan menambah pelanggan baru untuk jalur umum atau reguler, namun bagi masyarat yang berpenghasilan rendah (MBR)  tetap kita buka untuk pemasangan baru,” kata Hasanuddin Kamal, Selasa (5/2/2019).

Hasanuddin juga menjelaskan salah satu faktor yang mempengaruhi produksi air bersih berkurang disebabkan terjadinya banjir akibat curah hujan yang tinggi sehingga pintu bendungan bili-bili sempat dibuka.

“Sebelum terjadi musibah banjir beberapa waktu lalu produksi air itu mencapai 592 liter perdetik, namun pasca banjir kini menurun menjadi 590 liter per detik.  Ini berpengaruh pada pasokan air bersih kepada masyarakat khsusnya pelanggan kita,”ujarnya.

Jumlah pelanggan PDAM Tirta Jeneberang saat ini tercatat kurang lebih 40 ribu. Dimana setiap tahun mengalami penambahan pelanggan, apa lagi dengan  diutamakannya pemasangan baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang difokuskan untuk warga kurang mampu agar dapat menikmati air bersih  untuk kebutuhan sehari-hari.

“Jadi setiap tahun ini ada penambahan pelanggan, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu. tahun lalu itu ada sekitar 1.250 pelanggan yang terpasang  semuanya dari golongan Masyarakat berpenghasilan rendah, dimana biaya pemasangannya kita gratiskan,” papar Dirut Hasanuddin.

Untuk tahun ini, kata Hasanuddin, pihaknya tetap membukukan pemasangan atau sambungan baru bagi masyarakat berpenghasilan Rendah. “Tahun ini khusus  MBR kita siapkan 1200 pemasangan baru atau sambungan gratis. Namun untuk jalur sambungan Reguler kita tiadakan untuk saat ini,” tambahnya. (sofyan).
—————

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top