RAGAM

Desa Maccini Baji Kota Kecamatan Tanakeke

TAKALAR, UPEKS.co.id–Tokoh masyarakat Tanakeke rapat. Dipimpin Sekretaris Daerah Takalar, Drs H Aryad Taba MM. Mereka akan menentukan ibu kota kecamatan Kepulauan Tanakeke. Rapat berlangsung di ruang Pola Bupati. Kamis,(31/1/19)

Rapat itu menghasilkan keputusan. Dusun Dande-dandere, Desa Maccini Baji menjadi ibukota Kecamatan Kepulauan Tanakeke. Mereka memilih dusu ini lantaran, letak strategis, berada di pertengahan di Pulau Tanakeke. Selain itu, lengkap falisitas penunjang, seperti pasar, sekolah dan PLN 24 jam.

Sekda Takalar Drs. H. Arsyad, MM mengatakan, rencana pembentukan Kecamatan Kepulauan Tanakeke sudah dari tiga era pemerintahan sebelumnya. Tetapi dengan segala upaya dan usaha yang dilakukan, baru di Pemerintahan H. Syamsari bersama H. Achmad Dg. Se’re rencana ini dapat terwujud.

“Tentu ini merupakan suatu kado istimewa di HUT Ke-59 Kabupaten. Takalar,” jelasnya.

Kata Arsyad eksistensi Kecamatan Pulau Tanakeke secara eksplisit untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dan harus berimplikasi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat

“Keberadaan Kecamatan Kepulauan Tanakeke dapat menjadi sumber potensi ekonomi baru diwilayah Kab. Takalar.” tambah Sekda Takalar.

Ketua DPRD Kab. Takalar H. Muh. Jabir Bonto memaparkan pertemuan ini sebagai  wujud  silaturahim dengan warga kepulauan tanakeke sekaligus agendanya penetapan lokasi ibu kota kecamatan kepulauan tanakeke harus disepakati bersama dan dibuatkan perdanya.

“Planning  Pembentukan Kecamatan Kepulauan Tanakeke adalah  usulan dari Bupati Takalar melalui Sekda Takalar sehingga disetujui oleh DPRD Takalar dan Panitia Khusus (Pansus),” ujarnya.

Niat Pemda Takalar membentuk Kepulauan Tanakeke sebagai Kecamatan ingin  mendekatkan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat yang ada di pulau.

“Jika sudah terbentuk, Pemda akan menyediakan alat transportasi kapal Feri untuk mempermudah akses  masyarakat ke Kepulauan Tanakeke” jelas H. Jabir Bonto.

Lanjut Jabir Pemerintah Daerah akan menata pembangunan, Insfrastruktur dan pelayanan di pulau kecamatan menjadi lebih baik.

Terpisah warga Pulau Tanakeke Basri Mengatakan Sangat berharap agar kecematan Kepulauan Tanakeke segera terbentuk.sehingga pelayanan masyarakat lebih terakses.

“Tadi kita diundang oleh Pemda Takalar khusus bicarakan kota kecamatan Pulau dengan berbagai pertimbangan,  dari lima Desa ada di pulau disepakati Desa
Maccini Baji sebagai ibu kota kecamatan.”jelasnya.

Ditunjuknya Desa Maccini Baji areanya sangat populis dan strategis, sehingga akses transportasi lebih mudah.

Turut hadir Anggota DPRD Kab. Takalar, Ketua Pansus, Camat Mappakasunggu, para Kepala Desa di Kecamatan Mapsu, Ketua BPD Kec. Mapsu.(Jahar).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top