ANEKA

Kades Ujung Tombak Pemerintahan

KOLAKA, UPEKS.co.id—Bupati Kolaka, Ahmad Safei usai melantik dan mengambil sumpah sebanyak 21 Kepala Desa (Kades) hasil pemilihan dan dua Kades Penggantian Antar Waktu(PAW). Berlangsung di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kolaka kemarin.

Bupati dalam sambutannya menegaskan bahwa seorang Kades adalah merupakan ujung tombak pemerintahan, dan juga sebagai seorang aparat negara yang ada di desa.

“Kades itu seorang aparat negara. Makanya jangan suka meninggalkan kantor tanpa melakukan kordinasi lebih dulu. Kalau ada seorang Kades suka meninggalkan kantor itu akan menghambat pelayanannya kepada masyarakat,”tegas Safei.

Selain itu Safei juga menegaskan kepada para Kades baik yang baru dilantik maupun yang Kades yang sedang menjabat saat ini bahwa dalam melaksanakan tugas pokok pemerintahan itu simpel saja. Yaitu bagaimana memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat, memelihara lingkungan dan senantiasa menjaga  Kamtibmas.

Bilamana hal ini dapat dilaksanakan dengan baik, dan senantiasa melakukan kordinasi dengan baik kepada Camat, Pembina maupun kepada Bhabinkantibmas.

Hosting Unlimited Indonesia

“Maka Insyah Allah pelaksanaan pemerintahan dalam desa itu akan berjalan dengan baik pula,”kata Safei.

Bupati juga berharap kepada para Kades senantiasa berpedoman untuk menjaga tertib administrasi pelayanan kepada masyarakat, semua buku-buku administrasi  desa harus disimpan di kantor, dan jangan Kades yang pegang. Tetapi semua perangkat desa sesuai dengan tugasnya masing-masing yang memegang bukunya.

“Saya berharap semua perangkat desa difungsikan,”harap Bupati. Dia  juga menegaskan kepada para Kades, agar jangan ada lagi perangkat desa semua orang terdekat Kades, mulai dari sekertaris adiknya, dan bendahara  istrinya.

“Kalau masih Kades yang melaksanakan seperti ini, itu sudah tidak benar, saya minta kepada Dinas PMD bilamana masih ada Kades memanfaatkan perangkat  desanya seperti ini, maka Kades itu sebaiknya dievaluasi bahkan bila perlu diberhentikan saja,”tegas Bupati.

Bupati juga berpesan kepada para Kades, bahwa seorang Kades itu adalah bertindak sebagai orang tua masyarakat. Untuk itu Kades harus memberikan contoh  kepada masyarakat.

“Seorang Kades itu adalah orang tuanya masyarakat, makanya harus menjadi panutan dimasyarakat,”ujar Bupati.(pil)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top