SULAWESI SELATAN

STQ 2019 Kabupaten Bantaeng Perlombakan Cabang Baru

BANTAENG, Upeks.co.id–Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) adalah kegiatan pemuliaan Alquran yang dilakukan berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari bakat-bakat di bidang Al Quran sesuai yang dimiliki daerah masing-masing di bidang tilawah Alquran, Hifzhul Qur’an, dan Tafsir Alquran.

Tahun ini, STQ tingkat Kabupaten Bantaeng memperlombakan cabang baru yakni Musabaqah Hadist Nabi (MHN), sehingga itulah STQ tahun ini diberi nama STQH (Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits).

Menurut Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Bantaeng HM Ribi, meski cabang ini baru diperlombakan namun Kabupaten Bantaeng yakin tidak akan kekurangan peserta, apalagi dewan juri, karena para qari-qariah yang rata-rata adalah santri atau lepasan santri pondok pesantren sangat akrab dengan kitab-kitab hadits Nabi.

“Demikian juga dewan juri yang diantaranya merupakan unsur pembina pondok, namun tentunya perlu dilakukan pembinaan kembali karena jika mengacu ke juknis STQHN 2019, hafalan hadits baik golongan 100 hadits maupun 500 hadits lengkap dengan sanadnya, ” ujarnya, seperti disampaikan Humas Kemenag Bantaeng Mahdi Bakri, Rabu (30/1/2019).

Untuk STQ 2019 tingkat Kabupaten Bantaeng, berdasarkan hasil rapat persiapan yang digelar di ruang rapat Sekda Bantaeng. Ditetapkan tempat pelaksanaan dipusatkan di Kecamatan Uluere sedang jadwal pelaksanaan direncanakan pada pertengahan atau akhir bulan Februari 2019.

Sementara itu, Kakan Kemenag Bantaeng  H Muhammad Yunus, berdasarkan informasi di tingkat provinsi/Kanwil, STQ 2019 tingkat Provinsi akan dilaksanakan di Kabupaten Tana Toraja pada bulan April mendatang, sambil menunggu keputusan Gubernur Sulsel. “Sedang STQH tingkat Nasional berdasarkan JUKNIS STQHN 2019 akan dilaksanakan di Kalimantan Barat pada akhir bulan juni sampai dengan awal bulan Juli 2019 mendatang,” ungkapnya. (rls)

Adapun Cabang Musabaqah Hadits Nabi (MHN) untuk STQ 2019 tingkat Kabupaten Bantaeng memperlombakan 2 cabang/golongan lomba yakni :

Gol. Hafalan 100 Hadits (Putra/Putri)
Gol. Hafalan 500 Hadits (Putra/Putri)
Selengkapnya Cabang lomba yang akan dipertandingkan dalam STQ tingkat Kabupaten ini adalah sebagai berikut:

A. Cabang Tilawah.

1. Golongan Anak-anak (Putra/Putri)
2. Golongan Dewasa (Putra/Putri)

B. Cabang Tahfiz Al-Qur’an:

1. 1 Juz Tilawah (Putra/Putri)
2. 5 Juz Tilawah (Putra/Putri)
3. 10 Juz Tilawah (Putra/Putri)
4. 20 Juz Tilawah (Putra/Putri)
5. 30 Juz Tilawah (Putra/Putri)

C. Cabang Tafsir Al-Qur’an

1. Cabang Bahasa Arab (Putra/Putri)

D. Cabang Musabaqah Hadits Nabi

1. Gol. Hafalan 100 Hadits (Putra/Putri)
2. Gol. Hafalan 500 Hadits (Putra/Putri)

E. Cabang Bintang Vokalis

1. Bintang Vokalis (Putra/Putri)

F. Cabang Qasidah Moderen : 1 Group

Total : 23 Kejuaraan (Putra/Putri)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top