ANEKA

Aisyah Abd Razak, Perempuan Berjubah Ketangguhan

MAKASSAR,UPEKS.co.id–Siapa yang tak mengenal Aisyah Abd Razak? Perempuan berjubah ketangguhan,
sosoknya yang membuat Danny Pomanto hadir menjadi magnet dan tokoh pencerah peradaban di kota Makassar.
Di HUT 54 Tahun Danny Pomanto, penulis bersyukur karena adalah orang pertama yang mengetahui dan  merekam langsung kisi-kisi hidup Anak Guru dari Lorong Amirullah, Makassar ini.

Langit Makassar lagi terang-terangnya. Menyinari siapa saja yang ada di petalan langit. Aku bergegas  mengayunkan langkah, menuju satu ruangan yang di dalamnya ada puluhan orang pemuda pengejar mimpi.

Ada  yang menunggu-nunggu kedatanganku, tapi pasti ada pula yang berharap aku tidak datang. Sehingga bisa  mengisi daftar hadir saja, kemudian pulang.

Meskipun berat, menjadi pendidik itu nikmat rasanya. Ada kepuasan tersendiri, saat ada satu orang mahasiswa  yang terobati rasa ketidaktahuannya melalui perantara kita.

Saat aku berdiri tegak di depan kelas, bertutur tentang  ilmu kepada para mahasiswaku, aku teringat akan seorang sosok pendidik. Dia juga mendermakan hidupnya  untuk pendidikan. Menjadi pelita penerang, mengusir gulitanya kebodohan.

Aisyah seorang guru, lulusan Fakultas Sastra. Buluku Pomanto adalah PNS lulusan Fakultas Sosial dan Politik  bekerja di Dinas Pertanian Provinsi Sulsel. Namanya cinta, itu laksana sekumpulan pasukan perang.

Mereka tak perlu berkenalan lama untuk tahu di mana kawan, mana lawan. Cukup mencocokan sandi saja. Kalau  kata sandinya sudah sama, maka dialah teman, mudah untuk dipersatukan. Tapi kalau sandi tidak cocok, dialah  lawan.

Namanya saja manusia. Pasti punya keinginan untuk terus diwujudkan. Semangat ini adalah fitrah. Semangat ini  yang membuat manusia bertahan hidup.

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Impian yang sudah ditorehkan, kini menjadi nyata. Allah mempercayakan seorang  bayi mungil kepada keduanya. Yang menambah bahagia, karena bayi itu lahir di hari yang penuh berkah, hari  Jumat, bulan Ramadhan. Tepatnya pada 17 Ramadhan pukul 19.00 atau 30 Januari 1964, lahirlah putra pertama  Aisyah dan Buluku Pomanto, di Rumah Sakit Sentosa, Jln Jenderal Sudirman, Makassar.

Mohammad Ramdhan Pomanto, anak pertama pasangan Buluku Pomanto dan Aisyah. Ya bayi itu adalah Danny  Pomanto. Bayi itu adalah anak guru dari keluarga yang sederhana dan kelak diamanahkan menjadi nakhoda  Makassar.(rls).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top