ANEKA

Aswar Hasan Sebut Penanganan Terorisme dan Radikalisme Perlu Perhatian Serius

Makassar,Upeks.co.id— Pencegahan terorisme dan radikalisme bukan hanya dilakukan oleh penegak hukum atau kepolisian, melainkan hak secara keseluruhan masyarakat. Terkhusus masyarakat Sulsel.

Olehnya itu, Akademisi Universitas Hasanuddin, Aswar Hasan menyebut, penanganan terorisme dan radikalisme diakuinya memang perlu mendapat perhatian serius. Tindakan itupun merupakan musuh bersama.

“Penanganan dan penyelesaiannya memang perlu dilakukan secara proporsional dan profesional. Terorisme dan radikalisme, penanganannya perlu dilakukan secara serius pula, ” ucap Anwar Hasan, Selasa (29/1/19).

Dosen Komunikasi Unhas ini menilai, pernyataan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Hamidin soal terorisme di Sulsel tidak perlu ditanggapi terlalu reaktif. Sebab statement itu menjadi konsentrasi dan perhatian pimpinan Polda ini dalam memberi warning tentang terorisme dan radikalisme.

Apalagi kata Anwar, Sulsel ini secara history memang masuk dalam peta radikalisme di Indonesia. Hal itu dibuktikan adanya penangkapan terduga teroris di Sulsel beberapa bulan lalu.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) juga sudah cukup lama memberi perhatian terhadap gerakan radikalisme di Sulsel. Sehingga apa yang disampaikan Kapolda tidak semestinya diributkan dan bukan menjust bahwa Sulsel sumber teroris.

“Saya percaya pernyataan Kapolda itu bukan untuk memberi stigma Sulsel tentang terorisme. Oleh karena itu pernyataan Kapolda tidak perlu direspons berlebihan , ” cetus mantan Sekjen Komite Persiapan Penegakan Syariat Islam (KPPSI).

Sebelumnya Kapolda Sulsel, Irjen Pol Hamidin mengatakan penanganan terorisme menjadi salah satu prioritas yang akan dilakukannya di Sulsel. Mantan Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri BNPT ini, memang banyak mengetahui tentang Sulsel.

Sebelum menjabat sebagai Kapolda Sulsel, jebolan Akpol 1987 pernah bertugas tiga kali sebagai kapolsek di wilayah Sulsel. Hamidin pernah bertugas sebagai Kapolres Bantaeng, Kapolres Luwu Utara dan Kapolres Gowa.(jay)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top