ANEKA

Dosen Pengabdi Internal FTI UMI Gelar Workshop Literasi Digital Majelis Taklim

MAKASSAR,UPEKS.co.id—Salah satu dampak Revolusi Industri 4.0 adalah digitalisasi informasi dan masifnya penggunaan internet dalam segala lini kehidupan.

Ibu-ibu Majelis Taklim, tonggak utama pendidikan dalam rumah tangga juga merupakan pelaku dari kemajuan industri 4.0. Mereka dengan mudah mengakses informasi melalui telepon pintar, baik untuk keperluan profesional maupun rekreasi.

Pesatnya arus informasi seharusnya menjadi pendorong agar manusi menjadi Ulil Albab, manusia yang senantiasa berpikir dan senantiasa membaca serta memiliki kemampuan literasi sesuai perintah surat yang pertama kali diturunkan Allah SWT melalui Al Qur’an.

Sayangnya, pesatnya digitilasi informasi tidak sejalan dengan kesiapan para pengguna internet untuk masuk dalam arus tersebut.

Terkait itu, kelompok pengabdi dosen UMI dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) UMI Makassar melakukan pengabdian pada masyarakat melalui skema PkM Internal UMI 2019. Tim ini mengadakan workshop kepada tiga (3) Majelis Taklim yaitu MT Al Aqsha Gardenia, MT At Taubah Sukabumi dan MT Nuruttaufiq Sukaria Makassar.

Para pengabdi yang terlibat,Hj. Ir. Setyawati Yani, ST., MT., PhD., IPM., ASEAN Eng, Ir. H. Syamsuddin Yani, ST., MT., IPM., ASEAN ENG, Dr. Ir. H. Zakir Sabara, ST., MT., IPM., ASEAN Eng. dan Dr. Ir. Rismawati Rasyid, ST., MT., IPM., ASEAN Eng. Workshop dengan tema Literasi Digital untuk Majelis Taklim ini diselenggarakan 27 Januari 2019 di Aula Ir. Liorang Lologau, MT, FTI-UMI.

Saat workshop, anggota MT diajak belajar dan memahami peran informasi digital, mengenali berita tidak benar (hoax) dan membentengi rumah tangga dari pengaruh buruk dunia maya serta menggunakan internet demi kemajuan bersama.

Sebelum workshop, peserta diberikan pre test mengenai literasi digital, demikian juga setelahnya. Berdasarkan hasil test yang dilakukan, pemahaman ibu-ibu MT peserta workshop mengenai literasi digital meningkat sangat signifikan. Pengabdian kepada masyarakat dengan tema peningkatan literasi digital ini sangat selaras dengan visi #FTIUMIKEREN: Sharing is Caring. (rls).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top