ANEKA

Menghadapi Cuaca Ekstrem, Bupati Instruksikan Masyarakat Waspada

SINJAI, UPEKS.co.id–Tingginya curah hujan dan angin, yang bahkan membuat beberapa Kabupaten di Sulsel terkena bencana banjir dan longsor. Sehingga Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, Kamis (24/1) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi bencana yang mungkin terjadi terutama saat era transisi
musim ini.

“Utamanya daerah pesisir dan daerah dataran tinggi yang rawan longsor. Bencana angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi serta banjir, tanah longsor, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, dan gelombang tinggi sangat rawan terjadi. Mengingat peluang curah hujan ekstrim meningkat pada puncak musim hujan,” ujarnya.

Lanjut Andi Seto, dia sudah koordinasi ke aparat pemerintah utamanya dinas terkait hingga ke desa dan kelurahan terkait mengenai imbauan ini.

“Untuk itu para Camat, Lurah/Kades agar koordinasi OPD terkait mengenai upaya yang harus dilakukan dan mengimbau warga melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap potensi bencana pada puncak musim hujan. Jika terjadi hal-hal yang terkait dampak musim hujan agar segera menghubungi 082 194 383 268
(Posko Bencana) BPBD Sinjai,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid. Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sinjai, Achmad Karim, menjelaskan memasuki musim penghujan, potensi yang mungkin di rasakan di wilayah kota adalah banjir.

“Sementara masyarakat di dataran tinggi seperti Sinjai Barat, Sinjai Tengah, Sinjai Borong, Bulupoddo, Sinjai Selatan dan Tellulimpoe untuk mewaspadai terjadi tanah longsor. Untuk itu diimbau seluruh masyarakat di wilayah rawan longsor, jika terjadi hujan tidak berhenti selama lebih 24 jam, agar segera meninggalkan tempat,” jelasnya. (egy).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top