SULAWESI SELATAN

Hakim Kamaruddin: Pancasila Ideologi Pemersatu Bangsa

GOWA,UPEKS– Wasekjend Korbid Kelembagaan DPP Partai Golkar, Hakim Kamaruddin memberikan pendidikan politik bagi kader dan masyarakat di Gedung Wanita Kabupaten Gowa, belum lama ini.
Dalam pemaparannya, Hakim mengatakan, pemantapan pemahaman dan pengamalan Ideologi Pancasila pada setiap warga negara Indonesia diharapkan juga dapat membentuk karakter bangsa, yaitu jati diri, kepribadian dan ketaqwaan masyarakat Indonesia yang Pancasilais, yang tidak hanya dapat memahami ke-Esa-an dan kekuasaan-Nya.

“Tetapi bagaimana wujud pengamalannya atas akhlak budi pekerti dan perilaku setiap masyarakat Indonesia untuk dapat bermanfaat bagi orang lain, masyarakat, maupun kepentingan dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahkan untuk kepentingan manusia,” kata Hakim.

Menurut Hakim, Pancasila sebagai ideologi negara yang diwujudkan dalam nilai integratif bangsa dan negara membuat Pancasila menjadi sarana untuk menyatukan perbedaan bangsa Indonesia.
“Seperti yang kita tahu, Negara Indonesia terdiri dari suku, agama, dan ras yang berbeda. Tanpa adanya sebuah sarana untuk menyatukan perbedaan tersebut, persatuan dan kesatuan bangsa akan sulit dicapai,” ujar Caleg DPR RI Dapil Sulsel 1 ini.

Disitulah kata dia, makna dari Pancasila sebagai ideologi negara memegang peran yang penting untuk persatuan dan kesatuan. Sebagai wujud nilai bersama yang menjadi pemecah konflik atau penyetara kesenjangan.

“Ideologi politik inilah yang biasanya mempengaruhi pola pemikiran masyarakat terhadap kancah perpolitikan dan bagaimana mereka mengambil suatu tindakan politik. Berbeda ideologi politik yang dianut, berbeda pula cara berpikir dan bertindaknya,” jelasnya. (ris) 

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top