ANEKA

Asuransi Astra Suguhkan Perlindungan Bencana Alam

ASURANSI. Mobil derek Astra mengevaluasi mobil yang terdampak banjir. PT Asuransi Astra siap mengcover perlindungan untuk bencana alam. Lewat
perluasan jaminan tersebut memungkinkan pemilik kendaraan lebih merasa aman meski di tengah situasi bencana alam. IST.

MAKASSAR, UPEKS.co.id–PT Asuransi Astra siap mengcover perlindungan untuk bencana alam. Lewat perluasan jaminan tersebut memungkinkan pemilik
kendaraan lebih merasa aman meski di tengah situasi bencana alam.

Perlindungan tersebut merupakan tambahan alias opsional. Artinya tergantung keinginan konsumen untuk menambahkan menambahkan proteksi ini dalam polis asuransi kendaraannya.

“Bila belum menambahkan perluasan jaminan, dipastikan konsumen tidak bisa mengklaim kerusakan akibat bencana alam,” kata Hilmi Farizan Hakim, Branch
Manager Asuransi Astra Makassar kepada Upeks, Kamis (24/01/19).

Hilmi menjelaskan, perluasan jaminan terhadap bencana alam meliputi banjir, angin topan, huru hara, gempa bumi, kerusuhan, terorisme, sabotase dan lainnya. “Perluasan itu coverage yang tidak standart. Artinya customer harus request untuk hal tersebut,” katanya.

Untuk menikmati proteksi tambahan ini, tambahan pembayaran premi konsumen rata-rata berkisar Rp300.000 untuk mobil penumpang. Atas pertimbangan premi tersebut, pihaknya lebih mengarahkan konsumen yang harga kendaraannya di atas Rp200 jutaan.

“Cuma yang dibawah Rp200 jutaan agak susah untuk mengarahkan ke perluasan bencana alam. Ya karena fight harga premi. Kalau diatas Rp200 jutaan kami ada harga khusus dengan perluasan. Makanya selalu deal,” aku Hilmi.

Sejauh ini, konsumen Asuransi Astra Cabang Makassar yang telah memanfaatkan perluasan jaminan tersebut sekitar 40% terhadap total jumlah pemegang polis. “60% tanpa perluasan itu untuk mobil dibawah Rp200jl jutaan,” tuturnya.

Pada kondisi klaim sendiri, kendati Sulsel dilanda bencana banjir di beberapa Kabupaten/Kota, Hilmi mengaku klaim untuk proteksi bencana alam relatif masih minim.

“Yang banyak kemarin gempa Palu, total ada enam mobil yang terdampak banjir dan gempa. Kalau banjir Makassar ini sampai sejauh ini baru dua laporan klaim,” sebutnya.

Hilmi menambahkan, potensi kedepan untuk perlindungan bencana alam ini dinilainya lebih baik. Pertimbangannya, pasar secara perlahan sudah semakin tahu pentingnya perluasan asuransi bencana alam.

“Hal-hal yang tidak terduga bisa tercover, hanya dengan tambah premi Rp300 ribuan aja selama satu tahun dan konsumen semakin banyak yang paham pentingnya perlindungan ini,” pungkasnya. (hry).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top