SULAWESI SELATAN

Pemkab Gowa Tangani 2.121 Jiwa Pengungsi Korban Banjir dan Longsor 

GOWA, UPEKS.co.id–Jumlah pengungsi korban banjir dan longsor di Kabupaten Gowa sampai saat ini mencapai 2121 jiwa. Seluruh korban pengungsi kini telah mendapatkan penangan dan bantuan oleh Tim yang telah dibentuk Pemkab Gowa melalui Posko yang telah disiapkan.

“Dari data yang kami peroleh sampai saat ini ada 2121 jiwa jumlah pengungsi korban banjir dan longsor yang kita tangani di 13 titik atau posko bantuan yang sebar di beberapa kecamatan, ” kata, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, saat menggelar rapat koordinasi penanganan Korban Banjir dan Longsor bersama Stakeholder terkait, di Baruga Pattingaloang, Kantor Bupati Gowa, Rabu (23/1/2019).

Seluruh korban pengungsi kata Adnan saat ini berada di titik posko telah mendapatkan bantuan berupa  pangan dan sandang. “Alhamdulillah, seluruh pengungsi yang berada di posko telah kami salurkan bantuan untuk kebutuhan mereka,”ungkap orang nomor satu di Gowa ini.

Selain itu dalam pertemuan tersebut Adnan juga mengatakan telah membentuk tiga tim untuk penanganan banjir dan longsor dan dampak dibukanya pintu Bendungan Bilibili yang di akibatkan meningkatnya curah hujan beberapa hari belakangan ini.

“Dalam pertemuan ini kita membentuk tiga tim yang terdiri dari Pemda Gowa, TNI (Kodim 1409 Gowa) dan Polri (Polres Gowa) untuk menangani bencana banjir dan longsor di beberapa kecamatan. Seperti bencana longsor dan banjir  di Kecamatan Tinggimoncong, Parigi,  Bungaya, Pallangga dan Domba Opu menjadi pusat penangan,” terang Adnan.

Adnan juga menjelaskan dari tiga tim yang dibentuk nanti akan ada dari masing-masing perwakilan SKPD atau stekholder terjadi, seperti dari Kepolisian, TNI, Basarnas, Kesehatan, dan beberapa SKPD lainnya.

“Setiap Tim Ini akan ada masing-masing perwakilannya untuk bersama- sama melakukan penanganan dan evakuasi terhadap Korban Banjir dan Longsor,” tambahnya.

Terkait dengan 13 titik Posko bantuan pengungsi, Adnan mengatakan untuk posko induk berada di Kantor Pemkab Gowa yang nantinya akan terus berkoordinasi dengan beberapa titik Posko yang ada. (Sofyan)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top