ANEKA

Musim Hujan, Siap Siaga Perhatikan Kondisi Berkendara

MAKASSAR,UPEKS.co.id—Memasuki musim hujan, para pengendara sepeda motor harus siap siaga memerhatikan kondisi kendaraannya juga siaga dalam
aspek berkendara.

Berbagai cara untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak di inginkan di jalan pun, layaknya patut diketahui guna kenyamanan berkendara sehari–hari.

Safety Riding Analyst Astra Motor Makassar, Abdul Kadir mengatakan, berkendara saat hujan memang memiliki risiko yang lebih tinggi. Namun, kemungkinan tersebut dapat diantisipasi dengan beberapa persiapan ekstra jika terpaksa harus berkendara dalam kondisi hujan.

“Jalanan akan menjadi licin ketika hujan, genangan air dan kondisi penglihatan yang menurun membuat pengendara harus konsentrasi lebih dan menyiapkan beberapa antisipasi,”ujarnya.

Ada beberapa tips aman berkendara sepeda motor saat hujan yang perlu diketahui. Diantaranya Pastikan Fisik Prima, Kenakan Mantel Hujan, Pastikan Ban Prima, Lampu-lampu Menyala, Waspada Genangan Air, Jangan Tergesa-gesa, dan Berteduh Dengan Aman.

“Ketika hujan datang, pengendara perlu menggunakan mantel hujan. Namun perhatikan juga jenis mantel hujan yang tepat, agar tidak menghambat gerak tangan, kaki, kepala dan seluruh tubuh yang membutuhkan gerakan dalam berkendara,”tuturnya.

Kemudian, hindari penggunaan mantel hujan bertipe ponco. Mantel hujan bertipe ponco cenderung tidak aman karena berpotensi tersangkut di roda atau terkait di kendaraan.

“Ketika hujan sudah sangat deras, jangan paksakan diri untuk terus berkendara. Berteduhlah ditempat yang aman dan tepat, serta tidak mengganggu pengguna jalan lain,”tambahnya. (mitaangraeni)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top