ANEKA

Masuk Sonasi Tapi Gunakan Fasilitas Negara, APK Caleg Ditertibkan

SINJAI, UPEKS.co.id—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai menyebutkan jika alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di pagar perkuburan
Demma, Taman Kota Sinjai utara, Kecamatan Sinjai Utara masuk dalam area Zonasi. Namun karena menggunakan fasilitas negara, maka harus dicabut karena melanggar.

Menurut Ketua KPU Sinjai, Muhammad Naim, Rabu (23/1) mengungkapkan, APK yang terpasang di pagar perkuburan Demma itu termasuk zonasi, namun ketika Bawaslu mencabut karena pemasangan APK di Demma melanggar aturan yang ada.

“Memang di area perkuburan Demma masuk zonasi pemasangan APK namun karena pemasangan tersebut melanggar aturan karena seharusnya pemasangan APK
itu punya stan tersendiri tidak boleh menggunakan fasilitas negara, sedangkan APK yang terpasang langsung ditempel ke pagar milik fasilitas negara,” terangnya.

Sementara Ketua Bawaslu Sinjai Muhammad Rusmin A. Kayyum, yang memimpin langsung pencabutan Alat Peraga Kampanye (APK), mengatakan spanduk, baliho, yang terpasang diluar dari pada zonasi yang ditentukan oleh penyelenggara pemilu. Namun APK yang terpasang di perkuburan Demma tetap dicabut karena pemasangan baliho, spanduk tidak sesuai aturan.

“Area perkuburan Demma masuk Sona tapi cara pemasangannya melanggar aturan, karena tidak boleh memasang spanduk, benner dan APK lainnya jika diikat di tembok. Mestinya pemasangan tersebut dipakaikan tiang khusus tidak boleh langsung diikat di tembok, walau daerah ini masuk zonasi dan itupun harus di dalam pagar karena ini milik pemerintah,” ujarnya.

Lanjut Rusmin, pihaknya akan terus melakukan penertiban pada atribut kampanye yang melanggar. Termasuk stiker caleg yang terpasang di mobil angkutan umum.

“Termasuk pemasangan baliho yang menggunakan papan reklame juga akan kita turunkan karena hal tersebut bertentangan dengan peraturan Bawaslu No. 33 tahun 2018 pasal 25 poin 5 huruf c,” tegasnya. (egy)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top