SULAWESI SELATAN

Kelurahan Balang Gelar Musrenbang Tingkat Kelurahan

JENEPONTO, UPEKS.co.id  – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan digelar di Kantor Kelurahan Balang, Kecamatan Binamu, Senin (21/1/2019).

Musrenbang tingkat kelurahan yang dilaksanakan bertujuan untuk menjaring usulan program kegiatan dari tingkat bawah RT RW (bottom-up) di wilayah Kelurahan Balang, dengan prinsip partisipatif, transparansi, akuntabel, dan skala prioritas.

Kepala Kelurahan Balang Nasrawati, mengatakan musrenbang tingkat kelurahan yang diadakan membahas berbagai program kerja dan pembangunan khususnya dalam wilayah Kelurahan Balang.

“Berbagai usulan rencana pembangunan dari warga masyarakat, telah menghasilkan dokumen Musrenbang kelurahan, yang nantinya akan diusulkan pada Musrenbang di tingkat kecamatan Binamu,” jelasnya.

Nasrawati juga menekankan selain pembangunan fisik perlu juga adanya pembangunan non fisik yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas hidup, pendidikan dan kesehatan juga perlu untuk masyarakat khususnya di Kelurahan Balang, tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPM-PD) yang diwakili Saharuddin menghimbau agar pelaksanaan Musrenbang tingkat kelurahan Balang, mempunyai konsep musyawarah yang artinya forum musrenbang bersifat partisipatif dan dialogis, dimana tujuannya untuk memfasilitasi penyampaian aspirasi masyarakat khususnya warga kelurahan Balang.

“Forum Musrenbang jelas sebagai ajang rembuk sesuatu dan diakhiri pada pengambilan kesepakatan atau keputusan bersama dengan skala prioritas yang akan ditetapkan pada Musrenbang tingkat kecamatan”, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jeneponto Mukrabin membeberkan bahwa saat ini tingkat perekonomian masyarakat Jeneponto meningkat diatas rata rata yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kalau saat ini rata-rata perekonomian Kabupaten Jeneponto diatas 8 persen. Hal ini ditunjang adanya beberapa item yang menunjang pertumbuhan ekonomi Jeneponto seperti rumput laut dan kehadiran pembangkit listrik baik tenaga uap maupun tenaga Bayu yang ada di Jeneponto”, bebernya.

Musrenbang Kelurahan Balang ini juga dihadiri oleh Pihak BPM-PD, Camat Binamu, Danramil Binamu, Kepala BPS Jeneponto, tokoh masyarakat Balang dan sejumlah stakeholder terkait. (Lau)

 

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top