ANEKA

Tahun 2019, Semen Tonasa Target Pendapatan Rp1 Triliun

Makassar,Upeks.co.id— PT Semen Tonasa melaksanakan Rapat Kerja (Raker) dengan mengusung tema “Totalitas bersinergi dalam visi dan misi untuk 1 triliun”.

Raker yang dilaksanakan di Room Hall Eboni Hotel Gammara Makassar, Jumat (18/1/19), dihadiri jajaran Komisaris dan Direksi Semen Tonasa, serta pejabat eselon I dan II serta pimpinan perusahaan afiliasi.

Direktur Utama (Dirut) PT Semen Tonasa, Subhan mengatakan, tahun 2019 ini, perusahaan ditargetkan menghasilkan pendapatan laba bersih Rp1,1 triliun. Meski targetnya cukup tinggi, namun ia yakni bisa dicapai. Tentunya dengan mrnghadirkam beragam inovasi dengan mengacu bukan pada best practice, tetapi lebih kepada future practice.
“Kita harus yakin untuk bisa meraihnya, mari kita bekerja keras dan cerdas. Kuncinya adalah berusaha dan berdoa,” katanya seraya menyemangati karyawan.

Tahun 2018, lanjut Subhan, banyak perubahan transformasi yang telah dilakukan perusahaan. Di antaranya, beberapa unit kerja dipusatkan di holding untuk dapat bersaing dengan perubahan atau ancaman core bisnis.

Proses perubahan kulturisasi di Semen Tonasa merupakan proses untuk dapat bersaing dan suatu keputusan harus dijalankan dengan komitmen yang tinggi. Revenue tumbuh dan penurunan cost sebagai dua faktor yang berdampak pada pertumbuhan laba sampai 200%.

“Tahun 2018 Semen Tonasa mencapai Clinker faktor rata-rata 72%, ini sebuah proses perubahan untuk efisiensi. Dengan open minded, perubahan yang besar dapat dicapai meskipun sulit untuk mencapainya,” ujarnya.

Subhan juga tak lupa mengucapkan terima kasihnya pada seluruh karyawan yang telah memberikan hasil kerja yang memuaskan, sehingga PT semen Tonasa memperoleh performance yang membanggakan tahun ini.

Komisaris Utama PT Semen Tonasa Benny Wendry menuturkan, tahun 2018 telah dilalui dengan baik. Sehingga ia berharap, tahun 2019 ini, PT Semen Tonasa harus lebih baik lagi.

“Mari kita tingkatkan nilai tambah, kemampuan bersaing, kemapuan logistik kita, perluas jangkauan pasar, ekspor, belajar dari pengalaman sehingga langkah strategis adalah memperluas cakrawala dan perspektif regional. Kita harus fokus trategi kita dari konsolidasi, komunikasi menit ke menit, kontribusi dan peranan PT Semen Tonasa sangat signifikan, tahun 2019 kita harus solid dan saling mendukung yang bisa meningkatkan revenue kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Said Chalik menambahkan, bahwa penjualan tonasa tahun 2018 mendapat laba bersih 124 % atau dua kali lipat dibanding tahun 2017. Sehingga kembali mempertegas Semen Tonasa sebagai market leader untuk wilayah timur

“Untuk tahun ini, PT Semen Tonasa akan terus berupaya untuk meningkatkan market sharenya. Apalagi, saat ini Semen Holcim telah bergabung dengan Semen Indonesia Grup. Tentunya, akan menambah posisi kekuatan Semen Indonesia di pasar persemenan Tanah Air,” tambahnya.

Guna mencapai target 1 trilliun tahun ini, kata Said, PT Tonasa Lines sebagai perusahaan afiliasi penyedia pelayanan pengangkutan semen curah ke berbagai Packing Plant mengambil langkah cepat dengan meremajakan kapalnya, untuk investasi pengadaan kapal baru yg lebih besar dan cepat.

“Langkah ini diambil untuk mengantisipasi banyaknya permintaan pengisian semen di silo pengantongan yang ada disetiap pangsa pasar, inilah salah satu penyebab kenapa kapal tonasa lines akan dijual,” terangnya.

Dalam Raker tersebut, setiap direktorat memaparkan visi misinya melalui departemen masing-masing dalam menyampaikan rencana kerja maupun inisiatif strategis yang akan dilakukan di tahun 2019 guna meraih target yang ditetapkan.(rls)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top