ANEKA

Taman Air Pancoran Demak Terbengkalai, DLHK Mengaku tak Punya Anggaran

SINJAI, UPEKS.co.id–Kondisi taman air pancoran Demma di Topekkong, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, nampak tidak terawat
dengan baik.

Dengan adanya sisa genangan air kolam pancoran yang mengeluarkan bau menyengat itu, menyebabkan suasana di taman Demma Topekkong menjadi tidak
nyaman serta kelihatan jorok dan busuk.

Ironisnya, terbengkalanya pemeliharaan taman air pancoran Demma yang termasuk area Ruang Terbuka Hijau atau RTH itu, lantaran dinas terkait yang ada di
Sinjai, terkesan saling berharap dan takut menyalahi tupoksinya. Hal tersebut dibenarkan Muh Nurhidayat, Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Sinjai.

Saat dikonfirmasi awak media, kata Nurhidayat, untuk pemeliharaan ruang terbuka hijau, pihaknya tidak menangani anggaran pemeliharaan tersebut, dan terkait taman air pancoran di Demma Topekkong itu, Nurhidayat mengaku hanya menangani pekerjaan fisiknya saja.

“Kita harusnya saling duduk membicarakan siapa yang mengelola. Tentunya kalau saya yang kelola, lingkungan hidup nanti yang komplain bahwa itu tugasnya dia. Jadi kalau kami disini, tidak ada bicara pemeliharaan, pelaksanaan RTH saja tidak ada untuk kelanjutannya atau pemeliharaannya,” kata Nurhidayat.

Sementara Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai, Andi Ikbal yang dikonfirmasi oleh awak media, juga tidak menampik jika untuk anggaran pemeliharaan taman Demma Topekkong memang tidak ada diperuntukkan secara khusus.

Selain itu, Andi Ikbal juga mengatakan sejak bergabung lingkungan hidup dan perkebunan, ada beberapa taman-taman yang belum diserahkan kepihaknya, termasuk taman yang di Mangottong. Kendati demikian, kata Ikbal, bahwa pihaknya tetap akan melakukan upaya penataan dan pembersihan di area taman-taman tersebut.

“Beberapa taman yang ada di Sinjai, belum semua diserahkan kepada kami, termasuk taman di Mangottong sampai sekarang belum ada penyerahannya. Untuk taman Demma, setiap ada kerja bakti, kita fokuskan disana. Jadi, walaupun anggarannya tidak ada, tapi tetap kami upayakan untuk melakukan penataan dan pembersihan di area taman-taman itu,” ungkap Ikbal.

Untuk diketahui, Kabupaten Sinjai adalah merupakan salah satu daerah yang meraih penghargaan piala Adipura dari Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 14 Januari 2019 lalu. (egy)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top