ANEKA

Pemprov Siapkan Rp6,7 Miliar Dana Pelebaran Jalan Poros Objek Wisata Kete’ Kesu’

TANA TORAJA,UPEKS.co.id—Basanya, jalan provinsi lebarnya 24 meter, tapi untuk kondisi jalan poros pariwisata Ke’te Kesu’ dengan berbagai pertimbangan kondisi riil di lapangan saat ini, lebarnya dibuat 14 meter.

“Poros Ke’te Kesu’ dari instruksi Gubernur, kalau bisa dua jalur, lebarnya 24 meter, tapi agaknya berat. Setelah dikonsultasikan bagian perencanaan di dinas, kita dikasi minimal 14 meter,” ujar Christian, Kepala Kantor Perwakilan PU Bina Marga Sulsel di Toraja saat sosialisasi di Kantor Camat Kesu’, Selasa, 15  Januari 2019.

Pemprov Sulsel, kata Christian, tahap awal mengalokasikan Rp6,7 miliar untuk peningkatan jalan poros Ke’te Kesu’ sepanjang 2,5 kilometer. Mulai dari Rura (pertigaan patung Tedong Bonga) hingga ke objek wisata Ke’te Kesu’.

Ini kalau sudah sepakat masyarakat untuk menghibahkan tanahnya, langsung kita tender. Tidak pake janji lagi, sudah mau ditender,” kata Christian. Agar tercapai lebar 14 meter badan jalan, dibutuhkan pelebaran ke kiri maupun kanan jalan.

”Untuk itu, masyarakat yang bermukim di kiri dan kanan jalan poros Ke’te Kesu’ diminta kesediaannya menghibahkan tanahnya untuk pelebaran jalan Sementara itu, tokoh masyarakat Kesu’, YS Dalipang, Layuk Sarungallo, dan Sumule Tandirerung, menyatakan siap mendukung rencana pemerintah provinsi
Sulsel membangun jalan poros Ke’te Kesu’.

“Ini sudah sangat lama dinantikan masyarakat. Menurutnya, masyarakat siap menghibahkan tanahnya asal pemerintah tidak tebang pilih. Semua sama rata, misalnya kiri tambah dua meter, begitu pula dengan bagian kanan jalan, harus sama. Intinya kita mendukung, asal tidak tebang pilih,” tegas Layuk. (Anton)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top