ANEKA

PIP Makassar Lantik 78 Perwira Pelayaran Niaga

LANTIK. Pelantikan Perwira Pelayaran Niaga pada wisuda di Kampus II PIP Makassar, Jl Salodong, Untia, Rabu (16/1/2019). Ist.

MAKASSAR, UPEKS.co.id—Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar menelorkan Perwira Pelayaran Niaga Lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat I
Angkatan XII dan Diklat Pelaut Tingkat IV angkatan VII.

Secara resmi, status Perwira Pelayaran Niaga tersebut dikukuhkan pada wisuda di Kampus II PIP Makassar, Jl Salodong, Untia, Rabu (16/1/2019).
Wisuda diikuti 78 orang. Rinciannya, Diklat Pelaut Tingkat I Nautika 18 orang, Diklat Pelaut Tingkat I Teknika 7 orang, Diklat Pelaut Tingkat IV Nautika 33
orang, dan Diklat Pelaut Tingkat IV Teknika 20 orang.

Perwira Pelayaran Niaga tersebut dilantik Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut. I Nyoman Sukayadnya. Dikemukakannya, kemajuan teknologi pelayaran harus diimbangi dengan kemampuan kompetensi sumber daya manusia maritim sebagai operator. Ini untuk mencegah kecelakaan kapal.

Selain itu, kecanggihan teknologi seharusnya dapat lebih meningkatkan keselamatan pelayaran, bukan justru menambah kelengahan dan kecerobohan bagi pelaut yang mengoperasikan kapalnya.

Kecanggihan teknologi tidak akan dapat menjamin keselamatan pelayaran apabila tidak didukung kemampuan kompetensi yang optimal dan aandal.

“Oleh karena itu, diharapkan menjaga dan meningkatkan kompetensi kemampuan sikap mental dan tanggung jawab yang tinggi agar keselamatan pelayaran dapat tetap terjaga,” pesannya.

Direktur PIP Makassar, Capt Sugiyono dalam laporannya mengatakan, dalam mendidik dan melatih lulusan diklat pelaut peningkatan, berpedoman pada peraturan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubunhan Nomor 01/BPSDMP/2013.

“Para lulusan program diklat pelaut peningkatan telah melaksanakan kegiatan belajar mengajar, baik secara teori maupun praktek di laboratorium dan simulator,” ungkapnya. Rinciannya, Diklat Pelaut Tingkat I Nautika dan Teknika selama 640 jam, dengan pembelajaran teori 192 jam dan praktek 448 jam.

Sementara Program Diklat Pelaut Tingkat IV Program Studi ANT-IV selama 511 jam, dengan pembelajaran teori 154 jam dn praktek 357 jam. “Para lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat I dan IV telah dididik oleh para dosen dan pengajar yang telah memenuhi kompetensi akademik dan profesi di bidng pelayaran.

Tenaga pendidik di PIP Makassar ada 100 orang yang telah mempunyai ijazah kompetensi ANT/ATT I dan II, serta ijazah akdemik, jelasnya.

Capt Sugiyono menambahkan, untuk menjamin pelayanan prima kepada masyarakat pada umumnya dan layanan pendidikan program diklat pelaut peningkatan pada khususnya, PIP sejak 2011 telah menerapkan sistem manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 sebagai kontrol dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat maritim. (hry).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top