ANEKA

Modus Tawarkan Tiket Murah, Oknum Mahasiswa Ditangkap Polisi

MAKASSAR, UPEKS.co.id —Unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel, mengamankan lelaki asal Kabupate Soppeng, karena diduga melakukan penipuan online dengan menjual harga tiket di bawah harga normalnya.

Pengungkapan kasus kejahatan penjualan tiket murah, berawal ketika korban dengan inisial NA ditawarkan oleh pelaku Rahmat Risaldi harga tiket pesawat yang lebih murah dari harga aslinya, hanya 50 persen dari harganya.

Kabid humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, korban dan pelaku awalnya bertemu dan komunikasi melalui Facebook. Pelaku
menawarkan kepada korban harga tiket yang lebih murah dari agen travel traveloka.

Korban pun tertarik, dan mentransfer uang kepada pelaku, untuk 10 tiket dengan tujuan Makassar – Batam Pulang Pergi (PP). Pada saat dilakukan pembayaran dengan proses transfer, pelaku lalu mengirimkan kode booking namun hanya enam kode booking tiket yang dapat digunakan berangkat.

“Empat kode booking tiket yang ditolak oleh pihak maskapai dengan alasan bahwa tiket ditolak karena belum dilakukan pembayaran. Sehingga dengan alasan tersebut, korban merasa ditipu ,” kata Dicky didampingi Kasubdit 2, AKBP Musa saat merilis kasus itu di Mapolda Sulsel, Selasa (15/01/19).

Dicky menerangkan, pelaku merupakan seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri di Makassar. Ia merupakan mahasiswa cerdas karena uang yang dipakai oleh pelaku untuk membeli tiket dan kemudian tiket tersebut di jual kepada orang lain yaitu dengan membobol kartu kredit orang luar negeri.

“Artinya pelaku ini tidak memiliki modal sekalipun karena ia membobol kartu kredit orang luar negeri kemudian uang itu dipakai beli tiket untuk dijual ke kepada orang lain lagi. Ini pelaku untung dua kali, ” terangnya.

Setelah menerima laporan korban, Unit Cyber melakukan penyelidikan di mana pada Rabu 20 Desember 2018, di Jakarta personil Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel yang dipimpin Kasubdit 5 melakukan penangkapan terhadap pelaku.

“Pelaku diamankan disebuah indekos di Jakarta Utara. Kasus ini juga sementara dilakukan penyelidikan dan pendalaman modus serta jaringan dari pelaku serta berkoordinasi dengan pihak lain untuk membongkar jenis kejahatan yang dilakukannya, ” tutupnya. (penulis:Jay).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top