ANEKA

18 Pendaki yang Terjebak di Gunung Ratte Karua Berhasil Dievakuasi

TANA TORAJA,UPEKS.co.id—Delapan belas pendaki yang terjebak enam jam di Gunung Ratte Karua berhasil dievakuasi. Sebelumnya mereka itu mendaki, Sabtu (12/01/2019). Saat hendak turun, mereka terhalang badai angin dan hujan serta kayu tumbang, Minggu (13/1).

Salah satu pendaki, Jhony Paulus, Ketua LBH Pendidikan Toraja langsung koordinasi masyarakat sekitar dan aparat Lembang Balla untuk bersama-sama melakukan evakuasi. Selajutnya, pukul 22.00 hingga pukul 03 dinihari para koban berhasil dievakuasi dan mengutamakan pendaki yang hipotermia dan luka- luka.

“Kami melakukan koordinasi bersama untuk evakuasi. Ini tantangan besar, namun syukur semuanya dapat berjalan dengan baik,” ujar Jhony Paulus seraya berterima kasih pada warga sekitar dan aparat lembang yang memiliki respon cepat membantu evakuasi.

Dari ke-18 pendaki 4 laki-laki dan 14 Perempuan OPAB ini sudah dibekali lewat pelatihan dalam menghadapi situasi apa pun di lapangan. Mereka tidak panik dan takut , kata Jhon Paulus pada Upeks.

Namun sulitnya medan di jalur gunung dengan ketinggian 2.763 mdpl tersebut, membuat pendaki yang terjebak badai dengan hujan lebat dan angin kencang, peseta mengalami hipotermia dan luka-luka akibat terjalnya jalur daki. (Anton)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top