Perketat Absensi Guru, Disdik Bone Berlakukan Finger Print

BONE, UPEKS.co.id— Guna memaksimalkan proses belajar mengajar di sekolah. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bone bakal menerapkan program absensi finger print bagi guru mengajar di sekolah.

Program finger print yang bakal dilaksanakan di sekolah ini berbasis komputer dan internet sehingga absensi di sekolah itu akan terakses secara online.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Disdik Bone, Nursalam ketika dikonfirmasi, Minggu (13/1) membenarkan akan diterapkannya sistem finger print untuk absensi di sekolah-sekolah itu.

“Kita sudah himbau melalui surat edaran Kepala Dinas Pendidikan untuk melaksanakan program itu,” ujar Nursalam. Menurut Nursalam Check Clock berbasis sekolah itu kedepan akan terintegrasi dengan sistem dapodik. “Jam kerja guru bukan hanya 24 jam saja tapi di luar jam tatap muka tetap beban kerja dihitung 37,5 jam perminggu atau terhitung 3 jam perhari di luar jam mengajar,” jelasnya.

Lanjut Nursalam menerangkan program Finger print ini tujuannya untuk mendisiplinkan guru karena check clock ini akan mencatat secara detail waktu kehadiran guru.

“Keunggulan sistem sidik jari ini kita bisa tahu jam berapa guru datang ke sekolah berapa menit terlambat atau lebih awal berapa menit bisa terpantau. Begitu pula, saat pulang bisa diketahui,” ungkapnya. (egy)

Pos terkait