ANEKA

UPTD Berubah Nama Korwil Diknas

Drs H Salamansyah,M.Sc

KOLAKA, UPEKS.co.id—Unit Pelaksana Teknis Dinas(UPTD) berubah nama menjadi Kordinator Wilayah(Korwil)  Dinas Pendidikan(Diknas) Kecamatan. Korwil ini sifanya fungsional, sewaktu masih nama UPTD itu sifanya  struktural.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas(Kadis) Pendidikan Nasional(Diknas) Salamansyah dikonfirmasi upeks di  ruang kerjanya Jumat (11/1/19).

Dikatakannya, perubahan nama itu berdasarkan Peraturan Perundang-undangan nomor 23 tahun 2014,  dilanjutkan dengan PP nomor 18 tahun 2016, Permendagri nomor 12 tahun 2017 serta surat edaran Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan nomor 061 tertanggal 4 Desember 2017 serta ditindak lanjuti dengan Peraturan  Bupati (Perbub) Kolaka.

Tugas dari pada Korwil kata Salamansyah yaitu sebagai perpanjangan tangan Diknas dalam rangka  menghubungkan kantor dengan sekolah-sekolah SD dan SMP. “Jadi tupoksi Korwil itu adalah sebagai  perpanjangan tangan Diknas.

Kadis Salamansyah menjelaskan, Korwil Diknas Kecamatan adalah melakukan tugas pengawasan di sekolah-  sekolah berkolaborasi dengan Pengawas Sekolah, termasuk melakukan pengawasan terhadap para guru di  lapangan dalam rangka memaksimalkan kinerjanya.

“Jadi Korwil itu jelas tugasnya yaitu lebih mengutamakan kerja pengawasan di sekolah-sekolah yang berkolaborasi  dengan pengawas sekolah,”jelas Kadiknas.

Ditanya terkait masalah tunjangan sertifikasi guru, Salamansyah meluruskan bahwa yang benar adalah Tunjangan  Pendidik Profesional (TPP). Persyaratan untuk memperoleh TPP bagi seorang guru harus memenuhi jam  mengajar dalam setiap Minggu yaitu 24 sampai 40 jam atau minimal 6 jam setiap hari. Itulah yang disebut dengan  proses sertifikasi.

“Makanya kalau ada guru tidak memenuhi 6 jam mengajar disalah satu sekolah, maka guru itu harus mengajar di  sekolah lain agar jam mengajarnya bisa terpenuhi,”ujar Kadis.(pil)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top