ANEKA

Bupati Kolaka: Masyarakat Jangan Sembunyikan Kekayaan Tanahnya


SERTIFIKAT. Bupati Kolaka, H Ahmad Safei serahkan sertifikat secara simbolis, Kamis (10/1). Philips/Upeks.KOLAKA, UPEKS.co.id—Bupati Kolaka H Ahmad Safei mengimbau masyarakat agar semua tanah yang dimiliki 

segera daftarkan untuk dibuatkan sertifikat.

“Jadi saya mengimbau kepada semua masyarakat pemilik tanah agar jangan disembunyikan, tetapi segera
daftarkan agar dibuatkan sertifikat,”ungkap Bupati.

Itu ditegaskan pada acara penyerahan sertifikat kepada masyarakat sebanyak 400 bidang tanah, berlangsung di
kompleks HKSN Kelurahan Mangolo Kecamatan Latambaga, Kamis (10/1/19).

Menurut Bupati, kepemilikan tanah kepada masyarakat karena hal itu akan berkaitan dengan pembayaran PBB  dan wajib di bayar. “Jadi kalau membayar pajak PBB itulah bentuk patrisipasi masyarakat kepada negara ini,”kata  Bupati.

Dikatakannya, program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018 di Kabupaten Kolaka telah  berakhir pada (10/1/2019) dan diserahkan pada hari ini(red,) bertempat di Kelurahan Mangngolo.

Lanjut Bupati bahwa ada sekira 165 ribu hektare tanah di Kolaka ini sudah dimiliki oleh nasyarakat. Tetapi yang  bersertifikat itu hanya aekira 60 ribuan hektare.

“Jadi belum ada setengahnya yang belum memiliki sertifikat, makanya ditahun 2019 ini silahkan daftarkan  tanahnya agar dibuatkan sertifikat,”kata Bupati.

Sementara itu Kepala Kantor Pertanahan Nasional Kolaka Darmin mengatakan untuk HKSN akan dibagikan  serifikat sebanyak 390 sertifikat perumahan dan Perkebunan dan 1 sertifikat hibah masjid.

“Pihak Kantor Pertanahan Kolaka berterimakasih kepada Pemda Kolaka atas dukungannya terhadap program  suksesnya PTSL,”kata Darmin.

Di tempat yang sama, Baktiar sebagai perwakilan masyarakat HKSN Mangolo mengucapkan terimakasih secara  pribadi pada pak Safei karena dengan perjuangannya masyarakat HKSN bisa menerima sertifikat gratis.

“Dengan adanya sertipikat ini masyarakat kami masyarakat HKSN sudah memiliki landasan Hukum terhadap  kepemilikan tanah,”kata Baktiar.(pil)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top